PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERINTEGRASI MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FILUM ARTHROPODA

HELDA DUMAYANTI, . (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERINTEGRASI MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FILUM ARTHROPODA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. SKRIPSI HELDA DUMAYANTI_3415122161_PEND.BIOLOGI 2012_FMIP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Filum Arthropoda merupakan salah satu dari materi pelajaran Biologi yang membutuhkan pemahaman konsep. Salah satu model yang tepat untuk diterapkan pada materi tersebut adalah model reciprocal teaching terintegrasi mind mapping. Model ini dapat membuat siswa menjadi lebih memahami materi dan memudahkan dalam mengingat materi karena hubungan antar berbagai konsep dan adanya visualisasi warna serta gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model reciprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Filum Arthropoda. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 105 Jakarta pada bulan Februari-Maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda yang disertai dengan indeks CRI (Certainty of Response Index) atau skala keyakinan responden dalam menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis, data dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil tes uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model reciprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Filum Arthropoda. The Arthropoda Phyllum is part of the Biology subject that requires an understanding of concepts. One of models for these subject is a reciprocal teaching integrated mind mapping model. This model make the students better to understand and easier to remember it for the relationship between various concepts, and their visualization and image colours. The purpose of this research was to know the effect of reciprocal teaching integrated mind mapping model application towards to student’s understanding concept on Arthropoda Phyllum. The research was conducted in SMA 105 Jakarta from February until March 2016. The research method was used a quasi-experimental with research design posttest-only control group design. Sample handling technical was used simple random sampling method. The instrument of these method was comperehension concept posttest in the form of multiple choice objective test accompanied by CRI index (Certainty of Response Index) or the scale of confidence of respondents in answering questions. Based on data analysis result, showed that data as normally distributed and homogeny. The conclusions of this research show there is effect of application reciprocal teaching integrated mind mapping model toward student’s comperehension concept on Phyllum Arthropoda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Komala, M.Si 2) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:29
Last Modified: 06 Apr 2022 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25911

Actions (login required)

View Item View Item