PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK MODUL DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT HINGGA IDENTITAS TRIGONOMETRI UNTUK KELAS X

HELMANITA KIBTIA, . (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK MODUL DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT HINGGA IDENTITAS TRIGONOMETRI UNTUK KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Biodata Penulis.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (94kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) pada pokok bahasan materi trigonometri yang sesuai dengan silabus dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika wajib. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan metode penemuan terbimbing. Metode penelitian ini adalah research and development. Penelitian pendahuluan berupa analisis kebutuhan dilakuakan terhada 61 orang siswa kelas XI SMA Negeri 8 Tangerang Selatan. Sedangkan tahap pengembangan meliputi penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM), penulisan draft modul, validasi ahli, revisi, evaluasi guru, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, hingga menghasilkan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Penelitian pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika pada materi pengukuran sudut hingga identitas trigonometri untuk kelas X. Modul yang dihasilkan sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator dalam standar isi Kurikulum 2013. 2. Modul matematika dengan penemuan terbimbing telah melalui serangkaian penilaian berupa validasi ahli dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria sangat baik; evaluasi guru dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria baik; uji coba kelompok kecil dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria sangat baik ; dan uji coba kelompok besar dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, modul pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing yang telah dihasilkan dengan melalui tahap pengembangan ini mendapatkan respon baik dari siswa dan guru. Modul ini merupakan produk yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika di kelas. The purpose of this research is to develop mathematics’ teaching materials module at class X of Senior High School on main topic Trigonometry which appropriate with the syllabus of compulsory mathematics subject for 2013 Curriculum of The Ministry of Education and Culture. The teaching materials to be developed was using guided discovery. The method of this research is research and development. The preliminary research in the form of necessity analysis was conduct towards 61 students at Class X1 SMA Negeri 8 Tangerang Selatan. While for the development stage comprises the forming of the Media Content Outline (GBIM), the writing of module draft, proficient validation, revision, teacher evaluation, small group trial, large group trial, was conduct to produce the final product. Based on the research result, there are obtained some conclusions as follows: 1. The result of this development research is mathematics’ teaching materials module on topic of angle measurement up to identity trigonometry at class X. The module appropriate with the main competency, basic competency, and indicator of 2013 Curriculum Content Standard. 2. The mathematics module by using guided discovery has pass through series of assesments which comprise proficient validation with excellent scoring interpretation result; teacher evaluation with good scoring interpretatin result; small group trial with excellent scoring interpretation result; and large group trial with good scoring interpretation result. Based on the research result, the mathematics module using guided discovery that has been created through the development stage receive good response from students and teacher. This module can be used as a supporting for mathematics learning in classroom

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Lukman EL Hakim, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:35
Last Modified: 06 Apr 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25912

Actions (login required)

View Item View Item