MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN

FINA FITRIANA, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FINA FITRIANA (1815133352).pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui penggunaan media boneka pada siswa kelas III SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I persentase siswa yang mendapat nilai menulis narasi ≥70 sebesar 75%. Kemudian terjadi peningkatan, pada siklus II persentase siswa yang mendapat nilai menulis narasi ≥ 70 adalah sebesar 81.25%. Data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan kemampuan menulis narasi siswa yaitu sebesar 80% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan media boneka pada siklus I mencapai 90% (aktivitas guru) dan 80% (aktivitas siswa). Pada siklus II terjadi peningkatan yakni mencapai 100% (aktivitas guru) dan 90% (aktivitas siswa). Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebesar 90% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi, Jakarta Selatan. This Classroom Action Research aims to improve narrative writing skills through the use of puppets media in third grade students of elementary school. Subjects of this research is the third grade students of Guntur 03 Pagi Elementary School South Jakarta that has 32 students. This classroom action research was conducted using the Kemmis and Mc. Taggart model. The research procedure is a cycle that includes planning, action, observation, and reflection. Techniques of data collection in this research are all about the test, observation, and documentation. Based on the results of the research in the first cycle the percentage of students who scored narrative writing ≥70 was 75%. Then there was an increase in second cycle, the percentage of students who scored narrative writing ≥ 70 was 81.25%. The data shows that research targets or success criteria narrative writing skills of students which was 80% had been reached. The results of the monitoring actions in learning by using puppets media in the first cycle was 90% (teacher activity) and 80% (student activity). An increase in the second cycle reaching 100% (teacher activity) and 90% (student activity). The data shows that the target of the action monitoring which was 90% had been reached. Therefore, it can be concluded that the use of puppets as a media of learning can improve narrative writing skill in the third grade students of Guntur 03 Pagi Elementary School, South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. 2). Drs. Sutrisno, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:40
Last Modified: 06 Apr 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25915

Actions (login required)

View Item View Item