PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 DEPOK

FINANDA MUTIARTHA KUSUMA, . (2016) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Binder1.pdf

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan skala psikologi berupa kuisioner. Penelitian ini menggunakan instrumen yang disusun oleh peneliti dengan menggunakan teori regulasi diri remaja dari Barkley (1997) dan teori motivasi berprestasi dari McClelland (1987). Sebanyak 160 orang yang merupakan siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Depok menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling. Hasil penelitian dengan analisis regresi menunjukan terdapat pengaruh yang dihasilkan antara regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Nilai F hitung > F tabel = F hitung = 228,192 < F tabel= 3,90 hasil ini menunujukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh kedua variabel tersebut bersifat positif dan nilai R yang dihasilkan sebesar 0,0,769, artinya semakin tinggi regulasi diri siswa semakin tinggi pula motivasi berprestasinya. Besarnya pengaruh yang dihasilkan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi ialah sebesar 0,591 (59,1%) dan sisanya sebesar 40,9% dipengaruhi oleh faktor lain. This research was conducted to determine the effect of self-regulation to the achievement motivation. The Research methods used is quantitative with a scale of psychology in the form of a questionnaire. This research uses instruments developed by researchers to use the theory of self-regulation by juvenile Barkley (1997) and the theory of achievement motivation by McClelland (1987). A total of 160 people who are second grade senior high school student of SMAN 4 Depok be sampled in this study. The sampling technique used is simple random sampling. The Results of research by regression analysis shows there are effects produced between selfregulation and achievement motivation. F count > F table = F count = 228.192 < F table = 3.90, these results show that Ho is rejected and Ha accepted. The influence of these two variables is positive, meaning that the higher the students' self regulation higher the motivation underachievement. The resulting level of influence of selfregulation to the achievement motivation is 0.591 (59.1%) and the remaining 40.9% is influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Kencana Wulan, M.Psi. 2). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:45
Last Modified: 06 Apr 2022 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25918

Actions (login required)

View Item View Item