PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN TEKNIK DISKUSI TALKING CHIPS PADA KELAS X SMA NEGERI 77 JAKARTA

GALIH RAMADHAN, . (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN TEKNIK DISKUSI TALKING CHIPS PADA KELAS X SMA NEGERI 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik diskusi talking chips pada kelas X SMAN 77 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi siklus. Objek penelitian tindakan adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama proses pembelajaran. Penelitian terdiri dari tiga siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif dengan teknik talking chips dapat meningkatkan proses dan hasil belajar fisika. Ditinjau dari: Nilai psikomotor siswa meningkat dari 77.8% menjadi 84.6%, Nilai afektif siswa meningkat dari 73.3% menjadi 80%, terjadi peningkatan pada aspek hubungan antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dan hasil belajar kognitif meningkat dari siklus satu dengan nilai rata-rata kelas 66.5 menjadi 80.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:56
Last Modified: 07 Jan 2020 11:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item