IMANIAR, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_imaniar .pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur menggunakan pendekatan saintifik untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar mandiri dan aktif demi melaksanakan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016 sampai Juli 2017 di SMA Negeri 47 Jakarta dan SMA Negeri 79 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dan guru Kimia SMA. Modul yang dikembangkan di uji oleh tim ahli (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, mengkomunikasikan, dan membuat produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner analisis pendahuluan dan kebutuhan, lembar kuesioner uji ahli, serta lembar kuesioner uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasisi pendekatan saintifik pada materi struktur atom dan sistem periode unsur sudah sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal ini didukung dari hasil validasi materi, bahasa, dan media yang memenuhi kriteria baik sampai sangat baik, serta hasil uji kelayakan pada guru dan siswa memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan data-data hasil analisis dapat diperoleh bahwa modul pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur yang dihasilkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Ucu Cahyana, M.Si 2) Drs. Darsef Darwis, M.Si |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 01:09 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 01:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25941 |
Actions (login required)
View Item |