PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODULE) FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

INAS NURAZIZAH, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODULE) FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI INAS NURAZIZAH.pdf

Download (25MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang menghasilkan modul elektronik fisika berbasis discovery learning pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Produk penelitian ini diuji lapangan di SMA Negeri 103 Jakarta serta SMAN 22 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Dick & Carey. Produk dibuat menggunakan software 3D PageFlip Professional 1.7.7 dan konten-kontennya menggunakan beberapa software, yaitu Camtasia Studio 9, iSpring Suite 8, dan Microsoft Office. Produk divalidasi oleh 3 dosen dengan masing-masing satu dosen ahli materi fisika, dosen ahli media pembelajaran dan dosen ahli pembelajaran, serta diuji coba oleh dua guru fisika SMA dan 18 peserta didik SMA. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan persentase capaian sebesar 90,87% dari ahli materi, 96,10% dari ahli media pembelajaran, 72,57% dari ahli pembelajaran, 93,73% dari guru fisika SMA, 94,90% dari peserta didik SMA kelas XI. Dari segi karakteristik modul menunjukkan persentase capaian dari para ahli untuk self instructional 89,57%, self contained 83,33%, stand alone 87,77%, adaptif 80,00% dan user friendly 82,50% dengan rata-rata persentase capaian seluruh karakteristik modul sebesar 84,63%. Hasil uji N-Gain peserta didik sebelum dan setelah menggunakan produk adalah 0,63 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan produk telah layak digunakan sebagai media belajar fisika secara mandiri untuk peserta didik kelas XI. A research had been conducted which produced a teaching material in form of electronic module (E-Module) based on discovery learning for Rotational Dynamic and Equillibrium of Rigid Body topic. Product of this research is field test at SMAN 103 Jakarta and SMAN 22 Jakarta. This research method used Dick & Carey. The Module is developed using software 3D PageFlip Professional 1.7.7 and the contents of module is created using several software, such as Camtasia Studio 9, iSpring Suite 8, and Microsoft Office. The electronic module is validated by one lecturer specialized in physics subject, one lecturers specialized in media, one lecturers specialized in learning, and also tested by two high school physics teacher and 18 high school student. The validation and test gets 90,87% score in subject category, 96,10% score in media category, 72,57% score in learning category, 93,73% score from high school physics teacher, 94,90% score from high school students. Then in characteristic aspect, the electronic module is score by specialists as 89,57% self instructional, 83,33% self contained, 87,77% stand alone, 80,00% adaptive and 82,50% user friendly with total average point 84,63%. Then result of N-Gain Test before and after of students using electronic module get 0,63 with “Medium” category. It is the concluded than the product of this research is worth to be used independent learning material for XI grade high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri S.Pd, M.Si 2) Dwi Susanti, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:20
Last Modified: 07 Apr 2022 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25946

Actions (login required)

View Item View Item