PENGARUH STRATEGI PENYADARTAHUAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSERVASI SISWA TENTANG RANGKONG DI KECAMATAN KEMBANG JANGGUT, KALIMANTAN TIMUR

INDEKA DHARMA PUTRA, . (2017) PENGARUH STRATEGI PENYADARTAHUAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSERVASI SISWA TENTANG RANGKONG DI KECAMATAN KEMBANG JANGGUT, KALIMANTAN TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415122159_Indeka Dharma Putra.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rangkong merupakan salah satu kelompok burung yang mulai mengalami kepunahan akibat perbuatan manusia. Untuk mencegah kepunahan rangkong, maka perlu dilakukan penyadartahuan sejak usia dini. Penyadartahuan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap konservasi siswa tentang rangkong. Namun perlu dipertimbangkan bagaimana strategi penyadartahuan yang efektif untuk memberikan pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap konservasi siswa agar tujuan pelaksanaan penyadartahuan dapat tercapai dengan baik. Bentuk strategi penyadartahuan yang diberikan berupa strategi ceramah, video, dan karyawisata. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMP Terpadu REA Kaltim dengan jumlah sampel sebanyak 150 siswa. Penelitian dilakukan dengan metode quasi-experiment dan analisis menggunakan uji ANAVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji beda (LSD). Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka disimpulkan bahwa strategi penyadartahuan berpengaruh terhadap sikap konservasi siswa tentang rangkong dan tidak berpengaruh terhadap pengetahuan siswa tentang rangkong serta strategi karyawisata memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap sikap konservasi siswa dibandingkan dengan strategi ceramah dan strategi video. Hornbills are one of birds groups that starting to extinct because of human activity. To prevent their extinction, then it is necessary for awareness from an early age. Awareness that was conducted intend to give an effect toward student knowledge and attitude of conservation on hornbills. However, it need to considered how is an effective awareness strategy to give an effect toward student knowledge and attitude of conservation so the implementation of awareness objectives can be achieved well. Design of awareness strategy that was given are lecture, video, and field trip strategy. Experiment conducted on REA Kaltim integrated junior high school student with 150 student as the samples. Experiment conducted with quasi-experiment and analysis using one-way ANOVA test with LSD post-hoc test. Based on the results obtained, it was concluded that awareness strategy had an effect toward student attitude of conservation on hornbills and didn’t have an effect toward student knowledge on hornbills whereas field trip strategy gave a better effect toward student attitude of conservation on hornbills than lecture or video strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si 2) Ade Suryanda, S.Pd., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:28
Last Modified: 07 Apr 2022 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25952

Actions (login required)

View Item View Item