FENOMENA VIDEO BLOG (VLOG) AWKARIN DI KALANGAN PELAJAR SMPN 92 JAKARTA

FANNY FITRIYANI, . (2017) FENOMENA VIDEO BLOG (VLOG) AWKARIN DI KALANGAN PELAJAR SMPN 92 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fanny Fitriyani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fenomena trendsetter video blog (vlog) Awkarin di kalangan pelajar SMPN 92 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara utama dalam memperoleh data dengan menggunakan angket (kuesioner) berupa pertanyaan tertutup, semi terbuka dan terbuka. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMPN 92 Jakarta kelas 7, 8 dan 9 tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive sample sebanyak 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fenomena video blog (vlog) Awkarin di kalangan pelajar SMPN 92 Jakarta terjadi karena adanya perkembangan kecanggihan teknologi yang memudahkan siswa untuk mengakses segala informasi terkini melalui internet, sehingga hampir semua siswa mengetahui tentang vlog dan juga tentang sosok Awkarin. Kemudian, siswa menjadi gemar menonton vlog Awkarin karena menurut mereka tayangan vlog Awkarin dianggap sangat menarik dan juga mengikuti perkembangan tren masa kini. 2) Tayangan vlog Awkarin yang dianggap sangat menarik oleh siswa dan memberikan dampak negatif bagi siswa, seperti peniruan bahasa-bahasa yang kasar dan kotor, keinginan meniru gaya berbusana Awkarin yang dianggap modis tetapi sangat terbuka, serta membuat siswa kecanduan dalam menonton tayangan- tayangan vlog Awkarin dan akhirnya membuat siswa malas belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:31
Last Modified: 07 Apr 2022 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25954

Actions (login required)

View Item View Item