HIKMAH ZIKRIYANI, . (2014) Hubungan antara Manajemen Kelas dengan Efektivitas Pembelajaran yang dilakukan Guru Biologi berdasarkan persepsi Siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan efektivitas pembelajaran yang dilakukan guru Biologi berdasarkan persepsi siswa. Penelitian dilakukan pada bulan November 2013 di SMA Negeri 46 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sampel penelitian diambil dua dari empat kelas XI IPA secara cluster sampling berdasarkan persamaan guru Biologi yang mengajar, kemudian diacak secara tidak beraturan sehingga diperoleh responden sebanyak 72 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan uji regresi, diperoleh bahwa model regresi Ŷ = 32.123 + 0.840X signifikan dan mempunyai hubungan yang linier. Berdasarkan uji korelasi Pearson Prosuct Moment, diperoleh nilai korelasi sebesar 0.532 dan nilai signifikansi sebesar 0.00, maka tolak H0 pada α = 0.05. Hal ini berarti terdapat hubungan antara manajemen kelas dengan efektivitas pembelajaran yang dilakukan guru Biologi berdasarkan persepsi siswa dengan tingkat korelasi sedang. Pada perhitungan koefisien determinasi, diperoleh nilai sebesar 28.30%. artinya, variabel manajemen kelas yang dilakukan guru Biologi berdasarkan persepsi siswa memberikan kontribusi sebanyak 28.30% terhadap variabel efektivitas pembelajaran yang dilakukan guru Biologi berdasarkan persepsi siswa melalui model regresi Ŷ = 32.123 + 0.840X. sehingga dapat dikatakan bahwa 71.70% lagi ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Supriyatin, M.Si. ; 2). Ade Suryanda, S.Pd.,M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 12:08 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 12:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2596 |
Actions (login required)
View Item |