PENERAPAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK Islam PLUS edu/prog, Pondok Gede, Bekasi)

FIZZI ANGGRAENI MUKTI, . (2017) PENERAPAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TK Islam PLUS edu/prog, Pondok Gede, Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIZZI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perilku disilpin anak usia 5-6 tahun dan bagaimana cara guru membentuk perilaku disiplin anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dilakukan di sekolah inklusi TK Islam plus edu/prog, Pondok Gede, Bekasi. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa perilaku disiplin ditunjukkan anak dengan (1) Tepat waktu (tidak terlambat, sholat tepat waktu), (2) Bertanggung jawab dalam setiap kegiatan (merapihkan mainan, peralatan belajar, tempat makan), (3) Mengikuti peraturan (menaruh sepatu pada tempatnya, tidak buang sampah sembarangan, merawat tanaman, berkerjasama), (4) Tertib dan rapih (tidak berlari-lari saat sedang berbaris, mau bergantian, dan bersabar, ketika sholat tidak bercanda). Selanjutnya, bagaimana cara guru membentuk perilaku disiplin anak adalah dengan (1) pembiasaan kepada anak secara berulang-ulang, (2) memberikan contoh dan tauladan kepada anak, (3) memberikan arahan kepada anak, (3) berkomunikasi dan berdiskusi dengan anak, dan (4) Motivasi dan teguran Temuan mengarah pada terbentuknya perilaku disiplin anak dengan cara yang diberikan oleh guru. Selain itu, kegiatan yang diberikan oleh guru juga mendukung pembentukan perilaku disiplin anak, anak dilatih untuk bertanggung jawab pada kegiatan, tertib dan rapih, juga mengikuti peraturan. Seperti kegiatan cooking, kegiatan berenang, sholat berjamah, fieldtrip, main bersama.ini juga disarankan untuk para guru dan orang tua untuk saling bekerjasama dan berkomunikasi agar perilaku disiplin anak terbentuk dan tetap terjaga baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. The purpose of this study was to look at the behavior of the discipline of children aged 5-6 years and how teachers shaping the behavior of the child discipline. This study is a qualitative study with phenomenological method in doing in school inclusion Islamic Kindergarten plus edu / prog, PondokGede, Bekasi. Analysis and interpretation of the data showed that the behavior of discipline shown children with (1) On time (not too late, praying on time), (2) Responsible for all activities (tidying toys, learning equipment, tableware), (3) Following the rules ( put the shoes in the place, don’t litter, care of the plants, in collaboration), (4) orderly and neat (not running when you're lined up, would turn and be patient, when prayer is not kidding). Furthermore, how teachers shaping the behavior of the discipline of a child is to (1) habituation to the child repeatedly, (2) provide an example and role model to children, (3) provide direction to the child, (3) communicate and discuss with the child, and (4) Motivation and strikes. The findings led to the establishment of discipline behavior of children in a manner provided by the teacher. In addition, the activities assigned by the teacher also supports the establishment of discipline behavior of children, children are trained to be responsible on activities, orderly and neat, also follow the rules. Such as cooking activities, swimming, prayer in congregation, fieldtrip, playing together. This is also recommended for teachers and parents to work together and communicate in order to discipline the behavior of children is formed and maintained both in school and at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sri Martini. 2). Dr. Hapidin, M,Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:38
Last Modified: 07 Apr 2022 01:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item View Item