KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH BAGI PELAJAR KIDAL (Studi Deskriptif Tentang Kepercayaan Diri dan Pembelajaran Pelajar Kidal di Seluruh SMP Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor)

FASSA FARHATUSSHOLIHAH PUTRI, . (2017) KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH BAGI PELAJAR KIDAL (Studi Deskriptif Tentang Kepercayaan Diri dan Pembelajaran Pelajar Kidal di Seluruh SMP Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Fassa Farhatussholihah_4915131374.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Tingkat Kepercayaan Diri Pelajar Kidal di Sekolah, yang terdapat di tiap sekolah tingkat SMP/MTs di Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di empat sekolah tingkat SMP/MTs yang berada di Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian deskriptif yang menggunakan teknik survei. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelajar kidal tingkat SMP/MTs yang terdapat di Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 22 pelajar kidal tingkat SMP/MTs di Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh setiap pelajar kidal, hampir seluruhnya memiliki permasalahan yang sama. Dimana masing-masing dari pelajar kidal sering merasa tidak percaya diri saat proses pembelajaran di kelas, merasa malu karena menggunakan tangan kiri, bahkan merasa takut terlebih dahulu akan di bully oleh teman-temannya. Dan dalam pergaulan pelajar kidal disekolah, kebanyakan dari mereka tidak terlalu bergaul dan membaur dengan teman-teman di sekolahnya. Mereka cukup tertutup dengan hal itu. Karena dalam berteman, mereka lebih pemilih karena untuk menghindari pem-bully- an. Kebanyakan dari pelajar kidal lebih pintar dalam pembelajaran praktik daripada teori. Dan lebih pintar pada pelajaran yang berbasis verbal (non eksak). Walaupun tidak semua pelajar kidal lebih pintar dibidang tersebut. Namun dengan perbedaan cara penggunaan tangan, mereka menganggap hal ini suatu kelebihan yang dapat menunjukkan sisi kelebihan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Nova Scorviana H, M.A.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:51
Last Modified: 07 Apr 2022 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25965

Actions (login required)

View Item View Item