MENINGKATKAN KEMAMPUAN NOTASI DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK SISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan)

GADIS FITHRYA, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN NOTASI DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK SISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) (Single Subject Research di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Gadis Fithrya.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan notasi dalam pembelajaran seni musik pada siswa dengan autisme melalui penggunaan Picture Exchange Communication System (PECS). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa dengan autisme non-verbal berusia 20 tahun di Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan penelitian subyek tunggal atau disebut juga Singgle Subject Research. Penelitian ini menggunakan desain A-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Observasi menggunakan prosedur pencatatan kemampuan notasi dalam pembelajaran seni musik selama penelitian berlangsung. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan notasi dalam pembelajaran seni musik pada siswa dengan autisme dapat meningkat melalui penggunaan PECS. Penggunaan PECS ini berdampak positif pada kemampuan siswa dengan autisme tentang notasi musik baik dalam membaca not hingga menekan tutsnya. Oleh sebab itu, guru dan orang tua dapat mengaplikasikan media PECS pada kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah. This research was made to improve the notation ability in music subjects of students with autism students to learn using Picture Exchange Communication System (PECS). Subject in this research is a student with non- verbal autism aged 20 years who study at Sekolah Khusus Daya Pelita Kasih, South Jakarta. The method used is an experimental method with a single subject research approach or also called single subject research. The method used A-B design. Technique of data collection is done by observation and documentation. Observation using the procedure of recording the notation ability in music art learning during the study took place. Data analysis techniques use visual analysis under condition. The results showing that the notation ability in music subjects of students with autism can be increased throught the used of PECS. The used of PECS has a positive impact on the ability of students with autism about music notation either in reading notes to press the keys. Therefore, teachers and parents can apply PECS media on learning activities at school and at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd. 2). Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:59
Last Modified: 07 Apr 2022 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item