INGGRID AYU PUTRI, . (2017) PENGEMBANGAN E-LEARNING FISIKA DENGAN MOODLE PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_Inggrid Ayu Putri_3215130831.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangakan e-learning menggunakan Moodle untuk fisika SMA. E-learning ini Penelitian ini dilakukan di Lab Digital Fisika UNJ dimulai sejak November 2016–Mei 2017. Pada pengembangan e-learning dan ujicoba penggunaan dilakukan di SMA Negeri 9 Tangerang model penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research & development) yang dirancang oleh Walter Dick dan Lou Carey yang dimodifikasi oleh Atwi Suparman yang terdiri dari sembilan tahap pengembangan pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Hukum Newton tentang gerak terdiri dari tiga hukum, yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. E-learning ini sudah melalui tahap evaluasi formatif yaitu uji validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran dengan menggunakan instrumen berskala likert 5. Hasil validasi ahli materi 84% berkategori baik, ahli media 87,26% berkategori baik, dan ahli pembelajaran 89,16% berkategori baik. Setelah direvisi, e-learning ini dilakukan uji lapangan oleh tiga guru fisika SMA dengan nilai 82,24% berkategori baik dan 30 siswa SMA 78,42% berkategori baik. Hasil dari penelitian ini berupa e-learning online menggunakan Moodle untuk materi hukum Newton tentang gerak dinyatakan layak bagi pembelajaran fisika SMA. This study aims to develop e-learning media using Moodle for senior high school. This research was conducted in Digital Physics Lab UNJ starting from November 2016-May 2017. In the development of e-learning and trial usage is done in SMA Negeri 9 Tangerang. This research used research and development method designed by Walter Dick and Lou Carey and modified by Atwi Suparmanwith nine development stages in Newton‟s Laws of Motion. Newton‟s laws of motion consists of Newton first law of motion, second law of motion, and third law of motion. E-learning has been through the formative evaluation stage tested by the material experts, media experts and learning experts using 5 Likert-scale instruments. The results of material expert validation 84% good interpretation, media experts 87.26% good interpretation, and learning experts 89,16% with good interpretation. After the revision, e-learning is conducted field test by three high school physics teachers with a value of 82.24% with good interpretation and 30 high school students 78.42% with good interpretation. The results of this study in the form of e-learning online using Moodle for Newton‟s Laws of Motion was qualified in senior high school physics learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ir. Vina Serevina 2) Dra. Raihanati, M.Pd |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 02:12 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 02:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25978 |
Actions (login required)
View Item |