PEMIKIRAN PENDIDIKAN SUWARDI SURYANINGRAT (1911-1934)

FERRIKA LUKMANA SARI, . (2017) PEMIKIRAN PENDIDIKAN SUWARDI SURYANINGRAT (1911-1934). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemikiran Suwardi Suryaningrat mengenai pendidikan pada periode 1911-1934. Penelitian ini berusaha menganalisis dinamika pemikiran Suwardi Suryaningrat mengenai pendidikan berdasarkan konteks sosial, politik dan kebudayaan di mana Suwardi berada dan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan metode historis dengan teknik penulisan deskriptif naratif untuk menjelaskan perkembangan pemikiran Suwardi Suryaningrat. Sumber yang digunakan berupa sumber pustaka dan sumber lisan. Sumber pustaka yang digunakan adalah karya-karya Suwardi Suryaningrat yang sudah dibukukan. Sumber lisan diperoleh melalui wawancara degan anggota Majelis Taman Siswa Jakarta yakni Ki Sunarno. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Suwardi Suryaningrat mengenai pendidikan merefleksi dan aksi atas kondisi masyarakat Hindia yang sedang mengalami penjajahan. Suwardi kemudian tidak sekadar menjadikan Taman Siswa sebagai pusat pendidikan saja, melainkan juga sebagai pusat kebudayaan masyarakat sekitarnya dan pusat gerakan sosial-masyarakat.Ia meletakkan dasar kemerdekaan sebagai azas pendidikan anak-anak, karena dia mengetahui bahwa model pendidikan seperti ini dapat mengisi jiwa dan pikiran merdeka pada anak-anak di negeri jajahan, dengan itu akan memunculkan keberanian pada diri mereka untuk berjuang. This research made to explain the educational idea of Suwardi Suryaningrat 1911-1934. Through the research, the author trying to analyzed the struggle in educational idea of Suwardi Suryaningrat based on social, politics, and cultural context according to Suwardi existence through the times. This research used historical method with descriptive-narrative technical writing in order to explain the progress of Suwardi Suryaningrat’s idea. The sources had been used in this research was earned by literature sources and oral information. Literature sources that the author used was books written by Suwardi Suryaningrat. The oral information earned by interviewing Ki Sunarno, a member of Majelis Taman Siswa Jakarta. Result of the research showed that the ideas of Suwardi Suryaningrat about education reflects the condition of Indisch people who suffered through colonialism. Suwardi builts Taman Siswa not only for education center but also as cultural center for the people around and as a social movement. He puts the independence spirit as fundamental of the education because he understand that the fundamental might bring independence spirit and idea to the children in colonized country, so the children might have courage to face the struggle or even fight the colonialism

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Umasih M. Hum 2) Adi Nusferadi, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:33
Last Modified: 07 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25986

Actions (login required)

View Item View Item