FIKI KHOERUL UMAMI, . (2017) IMPLEMENTASI GERAKAN NASIONAL REVOLUSI MENTAL MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI FIKI 4115133788.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang menjadi jargon atau program pemerintahan presiden Jokowi yang tertuang dalam Nawa Cita poin ke delapan. Peserta didik merupakan objek untuk mencapai Revolusi Mental, maka penelitian ini dilakukan di SMAN 113 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui pendidikan karakter di SMAN 113 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2017. Langkah-langkah yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan kepada informan dan key informan. Informan dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa SMAN 113 Jakarta, dan guru PPKN, PAI, BK. Sedangkan Key Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) SMAN 113 Jakarta menerapkan pendidikan karakter yang terintegrasi di dalam semua mata pelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran seperti budaya sekolah dan ekstrakurikuler, 2) SMAN 113 Jakarta melaksanakan Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan mengajarkan nilai integritas, kerja keras, dan gotong royong pada peserta didik, 3) Peserta didik SMAN 113 Jakarta telah mengetahui nilai-nilai karakter dan berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. This research is motivated by Mental Revolution which become line up or program of president Jokowi‘s government which is contained in Nawa Cita on point eight. Students are the object to achieve the Mental Revolution. This research is done at SMAN 113 Jakarta. This research uses qualitative method. This study aims to find out how the implementation of the National Movement of the Mental Revolution through Character Education at SMAN 113 Jakarta. This research was conducted in February until April 2017. The tools used are observation, interviews, and documentation is done to the informant and key informants. Informants in this study were 15 students of SMAN 113, and the teacher of civic education, Islamic Religious Education, and Consulates Guidance. While Key Informant in this research is Vice Principal of SMAN 113 Jakarta. The results of this study show that: 1) SMAN 113 Jakarta implements character education that is integrated in all subjects as well as activities outside of learning such as school‘s culture and extracurricular activity, 2) SMAN 113 Jakarta implement the National Movement of Mental Revolution by teaching the value of integrity, hard work, and gotong royong to the students, 3) Students of SMAN 113 Jakarta have know the values of character and try to apply in everyday life
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. H. Suhadi, M.Si 2) Dr. Sarkadi, M.Si |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 02:41 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 02:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25988 |
Actions (login required)
View Item |