IRENIE FEBRISTIKA NINGTIAS, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN GURU FISIKA MATERI EFEK FOTOLISTRIK MENGGUNAKAN PHET SIMULATIONS DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERI LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Irenie Febristika Ningtias_3215110159.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Pedoman Guru Fisika yang dapat digunakan sebagai panduan guru Fisika dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas XII SMA/MA materi Efek Fotolistrik menggunakan aplikasi PhET Simulations. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang merujuk pada pengembangan Borg and Gall. Instrumen penilaian produk dan respon guru berupa lembar angket yang terdiri atas 4 komponen yaitu kelayakan materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Instrumen penilaian yang akan digunakan berpedoman pada instrumen penilaian buku panduan pendidik yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh nilai kelayakan produk sebesar 85,83% dengan interpretasi sangat baik, hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh nilai kelayakan produk sebesar 77,46% dengan predikat baik, dan hasil uji coba produk kepada guru fisika diperoleh nilai sebesar 94,12% dengan interpretasi sangat baik. Dari hasil uji kelayakan ahli materi, ahli media, dan uji coba produk pada guru fisika, buku pedoman guru fisika materi efek fotolistrik menggunakan PhET Simulations dengan pendekatan guided discovery learning yang telah dikembangkan ini layak digunakan sebagai panduan guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran fisika di kelas XII SMA/MA. This research aims to develop the Physics Teachers Guidance Book which can be applied as the physics teachers guidance in the learning and teaching process of 12 grade of Senior High School on the Effect of Electrical Photo Topics using PhET Simulations. It is Research and Development which refers to Borg and Gall theory. The instruments of products assessment and teachers response are consist of four component: material worthiness, services, languages, and graphs. The assessment instrument which will be applied refers to the teachers guidance book which published by the center of curriculum and book matters (Puskurbuk). Based on this research, the result of the worthiness experiment by the material experts shows 85,83% with very good interpretation, the result of the media experts shows 77,46% with good interpretation, and the result of products experiment to the physics teacher shows 94,12% with very good interpretation. Finally, according to the result of the experiments of material experts, media and products experiments towards physics teachers this physics teachers guidance books can be used properly as the book guidance in learning physics for 12 class.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Siswoyo, M.Pd 2) Dr. Esmar Budi, M.T |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 02:52 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25992 |
Actions (login required)
View Item |