PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DI KELAS X SMA

ISNAENDI RUHYANA, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DI KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan Panitia Ujian Skripsi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
3. Lembar Persembahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1. Judul.pdf

Download (21kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (18kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (14kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
18. Biografi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) untuk siswa kelas X SMA. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah dimensi tiga dengan model pembelajaran hands on activity. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sesuai dengan lima langkah pembelajaran dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba perorangan, uji coba lapangan skala kecil, uji coba lapangan skala besar, dan uji coba lapangan kepada guru. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa diperoleh persentase ratarata hasil kuesioner sebesar 87,02% dan termasuk dalam kategori sangat baik. LKS yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013 dan model pembelajaran hands on activity. Kaidah bahasa yang digunakan dalam LKS sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata hasil kuesioner sebesar 90,77% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Desain LKS dan alat peraga sudah memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil uji coba perorangan diperoleh persentase rata-rata hasil kuesioner sebesar 87,58% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil diperoleh persentase rata-rata hasil kuesioner sebesar 78,77% dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala besar diperoleh persentase rata-rata hasil kuesioner sebesar 79,42% dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan kepada guru diperoleh persentase rata-rata hasil kuesioner sebesar 88,40% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Utami, M.Pd 2) Drs. Mulyono, M.Kom
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:25
Last Modified: 07 Apr 2022 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item