PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DAN SET PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ARUS BOLAK – BALIK

ISTIQOMAH ASSABI, . (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DAN SET PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ARUS BOLAK – BALIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (12MB)

Abstract

Telah dilakukan pengembangan Lembar Kerja Siswa fisika pada materi arus bolak – balik dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian dilakukan di laboratorium pendidikan fisika FMIPA UNJ untuk tahap pengembangan dan di SMA N 66 Jakarta untuk tahap uji implementasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Tahap validasi meliputi dua ahli materi dan dua ahli media pembelajaran. Pada tahap ini diperoleh saran guna revisi produk. Adapun responden uji implementasi meliputi dua guru fisika dan 20 siswa. Hasil validasi menunjukkan persentase capaian sebesar 78,125% dari ahli materi dan 84,76% dari ahli media pembelajaran. Setelah direvisi, LKS dinilai oleh pendidik fisika kemudian uji implementasi oleh peserta didik. LKS dinilai sangat baik oleh pendidik dengan persentase capaian 87,60% dan hasil uji oleh peserta didik juga dinilai sangat baik dengan persentase capaian 89,06%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS praktikum yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam hal ini sebagai panduan praktikum arus bolak – balik. The aim of this research is to produced worksheet physics for alternating currents topic. This research has conducted in laboratory of educational physics FMIPA UNJ for development stage and at 66 SHS Jakarta for field test. The methods used in this research is a method of research and development. The validation stage has conduct by 2 lecturers specialized in physics subject and 2 lecturers specialized in media. At this stage the product revisions to advice obtained. Therea are respondent's test implementation includes two teachers of physics and 20 students. The results of the validation shows the percentage of product of 78.13% of expert material and 84.76% of the learning media expert. Once revised, worksheet assessed be the teachers of physics then test the implementation be students. Worksheet rates very good by teachers with percentage 87,60% and test result by students also rated very good with percentage 89,06%. From this research, it can be concluded that the development lab worksheet can be used as a practical guide on the subject of physics alternating current.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. I Made Astra, M.Si. 2) Dr. Esmar Budi, M.T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:31
Last Modified: 07 Apr 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26000

Actions (login required)

View Item View Item