PERAN INOVASI APLIKASI “LINE” DALAM MEMFASILITASI KINERJA TEAM LEARNING DI HMP TP

GIBRAN QADARANTA, . (2017) PERAN INOVASI APLIKASI “LINE” DALAM MEMFASILITASI KINERJA TEAM LEARNING DI HMP TP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Gibran Qadaranta_1215121094.pdf

Download (4MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peran inovasi aplikasi “LINE” dalam memfasilitasi kinerja team learning di Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung serta penghambat di dalam proses pemanfaatan “LINE”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan angket, wawancara, dan observasi dokumen berupa screenshot pemakaian “LINE”. Angket disebar kepada seluruh pengurus HMP TP dan wawancara dilakukan kepada 4 kepala departemen dan 1 ketua umum. Hasil data yang telah dihimpun kemudian diolah dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran aplikasi “LINE” dalam memfasilitasi kinerja team learning di HMP TP dapat dikatakan baik. Namun, proses team learning itu sendiri tidak sepenuhnya bergantung kepada “LINE” dan masih dapat berlangsung tanpa adanya “LINE”. Peran “LINE” sendiri masih dapat dimaksimalkan untuk memfasilitasi team learning jika seluruh pengurus HMP TP bisa lebih aktif dan kreatif dalam memanfaatkannya. The general purpose of this research is to describe “LINE” role as an innovation to facilitate team learning performance in Himpunana Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Also, the purpose of this research is to describe supporting factors and obstructing factors while “LINE” is being used. This is a descriptive-type of research and the data collection methods are as follows; questionnaire, interviews and documents (screenshots) observation. Questionnaire was spread to the members of HMP TP using Google Forms and interviews was conducted with each of 4 head departments and 1 president in HMP TP. All the data that has been collected, later processed and analysed then finally concluded according to the general purpose of the research. The results of this research states that “LINE” role as an innovation to facilitate team learning performance in HMP TP are good. But then, the team learning process itself does not depends solely on “LINE”. “LINE” role could still be optimized better to facilitate team learning when all HMP TP members uses “LINE” more actively and creatively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. A. Murti Kusuma W., S. IP., M.Si. 2). Kunto Imbar N., M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:37
Last Modified: 07 Apr 2022 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26004

Actions (login required)

View Item View Item