KENDALA MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI (Studi Kasus: Mahasiswa Program Pendidikan Sosiologi Angkatan Tahun 2008-2010) Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmus Sosial, Universitas Negeri Jakarta)

OKI PRATAMA CHANDRA S, . (2016) KENDALA MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI (Studi Kasus: Mahasiswa Program Pendidikan Sosiologi Angkatan Tahun 2008-2010) Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmus Sosial, Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Oki Skripsi.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengedeskripsikan kendala yang dialami oleh mahasiswa pendidikan sosiologi dalam menyusun skripsi. Kendala dalam menyusun skripsi memiliki pengaruh pada waktu penyelesaian studi mahasiswa pendidikan sosiologi tahun 2008-2010. Kendala internal dan eksternal yang dialami oleh mahasiswa pendidikan sosiologi tahun 2008-2010 memiliki pengaruh pada motivasi mahasiswa pendidikan sosiologi tahun 2008-2010 dalam menyusun skripsi. Kendati demikian, sumber daya dan motivasi yang dimiliki menjadi pertimbangan mahasiswa dalam menentukan pilihan rasional terhadap skripsi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan meggunakan pendekatan fenomenologis guna mendapatkan gambaran bagaimana kendala yang dihadapi oleh mahasiswa pendidikan sosiologi secara koheren. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Informan pada penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang mahasiswa, terdiri dari 3 orang mahasiswa tahun 2008, 2 orang mahasiswa tahun 2009 dan 3 orang mahasiswa tahun 2010.Untuk menganalisa kendala mahasiswa dalam menyusun skripsi, peneliti menggunakan pengetahuan bebasis deskriptif dengan mengunakan Teori Pilihan Rasional dari James Coleman. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa pendidikan sosiologi angkatan tahun 2008-2010 mengalami kendala internal dan kendala eksternal dalam menyusun skripsi. Pertama, kendala internal mahasiswa pendidikan sosiologi 2008-2010 antara lain karena faktor, psikologis, ekonomi, kemampuan menulis, dan malas. Kedua, kendala eksternal meliputi, hubungan dengan dosen pembimbing dan pengumpulan data penelitian. Dalam menghadapi kendala dalam menyusun skripsi mahasiswa memiliki pilihan rasional dalam penyelesaiannya. Pertama, keputusan dalam menyelesaikan skripsi dianggap sebagai tindakan rasional oleh mahasiswa pendidikan sosiologi dengan mempertimbangkan berbagai sumber daya dan motivasi yang dimiliki. Kedua, mahasiswa pendidikan sosiologi mengambil keputusan untuk menunda menyelesaikan skripsi dengan tindakan tidak melakukan kegiatan menulis dan berkomunikasi dengan dosen. Dengan adanya batas maksimal studi, mengharuskan mahasiswa pendidikan sosiologi angkatan tahun 2008-2010 untuk menyelesaikan skripsi yang pada sebelumnya, pilihan rasional mahasiswa ialah menunda menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Komarudin, M.Si ; 2). Dian Rinanta Sari, S.Sos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jan 2020 12:29
Last Modified: 07 Jan 2020 12:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item View Item