STUDI TENTANG PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

JENIPER OKTAPYANY, . (2016) STUDI TENTANG PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI JENIPER OKTAPYANY-3315120240.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan softskills siswa dengan menggunakan penerapan pendekatan socio-critical dan problem oriented dan metode problem solving di SMA N 59 Jakarta. Pembelajaran menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Marks & Eilks dengan mengangkat masalah dan isu-isu sosial dalam kehidupan sehari-hari. Isu yang digunakan adalah mengenai kafein, cuka apel, jeruk nipis dan cuka dapur serta minuman berkarbonasi. Studi ini dilakukan dengan melakukan observasi secara intensif, wawancara, diskusi dan menganalisa hasil dari indikator yang digunakan untuk penilaian dari penerapan yang dilakukan dengan menggunakan instrumen VLESS-Modified (Values Learning Environment Survey)-Modified. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil yang diharapkan dari studi tentang penerapan socio-critical dan problem oriented ialah siswa dapat mengembangkan softskills mereka seperti kerja sama, empati komunikasi, berfikir kritis terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, siswa mampu mengemukakan pendapat, mampu bekerja sama, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai pendapat teman serta mampu merefleksikan isu-isu sosial yang diberikan dan kreativitas yang muncul dan berkembang dalam proses pembelajaran sesuai dengan kuesioner VLESS-Modified yang digunakan. This research aims to develop student’s soft skills using the implementation of socio-critical approach and problem oriented with problem solving method in SMAN 59 Jakarta. Learning approach Socio-critical and problem-oriented is one instructional approach developed by Marks & Eilks by raising issues and social issues in everyday life. Issues that are used are about caffeine, balsamic vinegar, lemon juice and vinegar kitchen as well as carbonated beverages. This study was conducted by an intensive observation, interviews, discussions and analyze the results of the indicators used for the assessment of the implementation is using instruments VLESS-Modified (Values Learning Environment Survey)-Modified. Data analysis technique used is the analysis of qualitative data. Results expected of studies implementation of socio-critical and problem oriented is that students can develop their softskills such as cooperation, empathy, communication, critical thinking to the problems based on daily life, students are able to express opinions, able to work together, responsible, confident , respect the opinion of friends and be able to reflect on social issues were given and that emerging and developing creativity in the learning process in accordance with the questionnaire used VLESS-Modified.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Nurbaity, M.Si 2) Dra. Tritiyatma H, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:55
Last Modified: 07 Apr 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26012

Actions (login required)

View Item View Item