PERAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Kasus: LPMP Propinsi DKI Jakarta)

GALIH SEPTIADY, . (2017) PERAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Kasus: LPMP Propinsi DKI Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GALIH.pdf

Download (808kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru secara pedagogik dan profesional. Peran L PMP dalam meningkatkan kompetensi guru terus dilakukan karena kompetensi guru di Indonesia masih dianggap rendah. Beragam alasan yang dianggap sebagai penyebab hal tersebut, antara lain, rendahnya kualitas pendidikan guru karena jarang mengikuti diklat dan kesejahteraan widyaiswara kurang diperhatikan. Terkait dengan rendahnya kompetensi guru secara tidak langsung mempengaruhi mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif biasanya sangat memperhatikan proses, peristiwa dan otentisitas. Untuk usaha memperoleh data dalam desain kualitatif digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada beberapa informan seperti ketua seksi fasilitasi penjaminan mutu pendidikan, ketua MGMP sosiologi, koordinator pengawasan LPMP, widyaiswara dan triangulasi data kepada guru sekolah yang telah mengikuti pelatihan oleh LPMP. Dari hasil penelitian ini bahwa LPMP mempunyai peran untuk melaksanakan tugas penjaminan mutu berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan Nasional serta melakukan pemetaan mutu kompetensi yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Selain itu juga memiliki peran pengembangan dan pengelolahan sistem informasi mutu, melakukan supervisi, dan fasilitasi sumberdaya pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dalam penjaminan mutu pendidikan. LPMP berada di setiap provinsi di Indonesia, dengan lingkup kerjanya meliputi seluruh provinsi dimana LPMP tersebut berada. Penelitian ini juga mendeskripsikan bahwa lembaga penjaminan mutu pendidikan terdapat kelompok jabatan fungsional berupa widyaiswara yag bertugas mendidik dan melatih guru. This study aims to describe the role of Quality Assurance Agency for Education in improving the competence of teachers in pedagogical and professional. LPMP role in improving the competence of teachers continue to be made for the competence of teachers in Indonesia is still considered low. Various reasons are considered as the cause of this, among other things, the low quality of teacher education because it rarely follow the training and welfare widyaiswara less attention. Associated with low competence of teachers indirectly affect the quality of education. This study used a qualitative approach with descriptive methods. Qualitative research is usually very attentive processes, events and authenticity. To attempt to obtain data used in the design of qualitative observation, interviews and documentation to several informants as chairman sexy facilitation of quality assurance, chairman MGMPs sociology, LPMP surveillance coordinator, lecturers and triangulation of data to school teachers who had been trained by LPMP. From the results of this study that LPMP has a role to carry out the task of quality assurance based on the policy of the Minister of National Education and mapping quality are pedagogic competence and professional competence. It also has a role pengelolahan development and quality of information systems, supervision and facilitation of educational resources to primary and secondary education units, including TK, RA, or other forms that are equal in quality assurance. LPMP located in every province in Indonesia, with the scope of work covers the entire province where LPMP is located. The study also describes that the education quality assurance agencies are functional groups such as trainers yag task of educating and training teachers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rakhmat Hidayat, PhD 2) Ubedilah Badrun, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:25
Last Modified: 07 Apr 2022 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26025

Actions (login required)

View Item View Item