STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS II DI SLB D – D1 YPAC JAKARTA

HANA DIYAH HARNUM, . (2017) STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS II DI SLB D – D1 YPAC JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HANA DIYAH HARNUM - SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pengembangan kemampuan menulis permulaan dalam proses pembelajaran pada peserta didik tunadaksa di SLB D – DI YPAC Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah hasil observasi, hasil wawancara dengan guru, dan kepala sekolah, serta pemerikasaan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan kemampuan menulis permulaan pada peserta didik tunadaksa selama proses pelaksanaan pembelajaran yang diberikan melalui bimbingan secara individual dengan metode praktek langsung dengan prinsip individual dan pemberian tugas. Adapun bentuk kegiatan pengembangan bagi peserta didik yaitu pengolahan keterampilan dan kemampuan motorik halusnya yang dapat menunjang pengembangan kemampuan menulis permulaan. The purpose of this research is to excavate information regarding the development of the ability to early write in the process of learning on tunadaksa students at SLB D – DI YPAC Jakarta. The method that is used in this research is descriptive-qualitative method. The data are gathered through observation, interview, and documentation. Data sources are the result of observation, interview result with the teacher and headmaster, and the checking of documents. The gathered data is then analyzed with the reduction of data, the serving of data, and conclusion that can be made from it. The result of this research shows that in the development of early writing ability on physical impairment students throughout the process of study that were given by individual lecture with direct practice method with individual principal and assignment given. The form of development activities for students are processing the skills and the soft motoric abilities that can support the development of early writing ability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. 2). Dra. Irah Kasirah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:31
Last Modified: 07 Apr 2022 05:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26030

Actions (login required)

View Item View Item