PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMA

GANANG LAKSHITA HADI PURNOMO, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAA~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi multimedia, kelayakan media pembelajaran itu sendiri, serta efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar PPKn untuk kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan sejak 6 April 2017- 28 juni 2017. Metode yang digunakan adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengadopsi dan memodifikasi langkah pengembangan dari Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam pengembangan ini, yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) revisi produk akhir, 10) uji hasil belajar.. Evaluasi media pembelajaran PPKN berbasis aplikasi multimedia ini dilakukan oleh ahli materi dan pembelajaran, ahli media, dan guru. Selanjutnya media pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan pada peserta didik kelas X SMAN 78 Jakarta Barat. Dengan hasil evaluasi sebagai berikut: a) ahli media memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik, b) ahli materi dan pembelajaran memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik, c) guru PPKn SMAN 78 Jakarta Barat memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik, serta hasil evaluasi oleh peserta didik setelah media pembelajaran diujicobakan, memperoleh kelayakan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran PPKn berbasi aplikasi multimedia yg dikembangkan dapat digunakan. Hasil Posttest setelah media pemebelajaran diujicobakan menunjukan bahwa memberikan pengaruh serta peningkatan penguasaan peserta didik kelas X SMA terhadap pokok bahasan PPKn dan berimplikasi terhadap hasil belajarnya. This study aims to find out how to develop multimedia-based learning media applications, the feasibility of learning media itself, and its effectiveness in improving learning outcomes of Pancasila And Civic Education for tenth grade. This research was conducted since 6 April 2017 - 28 June 2017. The method used is Research and Development (Research and Development) by adopting and modifying the development steps of Borg and Gall. The steps taken in this development are: 1) preliminary research and information gathering, 2) development planning, 3) initial product development, 4) initial field trials, 5) revision of trial results, 6) field trials, 7) Revision of the results of field trials, 8) field test, 9) final product revision, 10) test of learning outcomes. The evaluation of instructional media of Pancasila And Civic Education based on multimedia application is done by material and learning experts, media experts and teachers. Furthermore, developed learning media is tested on the students of 78 Senior High School, West Jakarta. With the results of the evaluation as follows: a) media experts obtain feasibility with very good category, b) material and learning experts obtain feasibility with the category very well, c) Pancasila And Civic Education teachers get the feasibility of the category very well, Educated after learning media is tested, obtaining eligibility with very good category. Based on the results of these trials can be said that learning media can be used. Posttest result after learning media have been tested showed that giving influence and increase of mastery of tenth grade high school student toward subject of Pancasila And Civic Education and have implication to the learning result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. M. Japar, M.Si 2) Dr. Komarudin, M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:40
Last Modified: 07 Apr 2022 05:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item