PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN (MEDIA SOSIAL vs KONVENSIONAL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

KARTIKA APRILIA NURCAHYANTI, . (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN (MEDIA SOSIAL vs KONVENSIONAL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415120255_KARTIKA APRILIA N.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan usaha guru dalam merencanakan proses pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien yang sesuai dengan kondisi siswa. Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi dan informasi banyak dimanfaatkan oleh siswa salah satunya adalah media sosial. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran (media sosial vs konvensional). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 71 Jakarta dan SMA Negeri 3 Bekasi pada Februari-April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh jumlah sampel 140 siswa yang terdiri atas 70 siswa dari 2 kelas eksperimen (X1) dan (X2) dan 70 siswa dari 2 kelas kontrol (Y1) dan (Y2). Jumlah minimal sampel pada penelitian ini ditentukan dengan rumus standar eror MacClave. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan intrumen tes hasil belajar kognitif berupa pilihan ganda melalui Post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi ekosistem. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dengan hasil tolak H0 terima H1 pada α = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara yang diajar dengan strategi pembelajaran media sosial dengan strategi pembelajaran konvensional. Learning strategy is the teacher’s effort in planning the learning process so the students can achieve the effective and efficient learning outcome which suitable with the condition of the students. In this globalization era, the development of technology and information can be used by the students, namely the social media. The learning strategies that teacher applied become one of the factor which influenced students’ learning outcome especially in Biology subject. This study aimed to understand the differences in students learning outcome in Biology subject between the learning strategies (social media vs conventional). This study was conducted in SMA Negeri 71 Jakarta and SMA Negeri 3 Bekasi in February-April 2016. The research method used in this study was the quasi experiment. The study sample collection used Simple Random Sampling technique and obtained total 140 sample students consisting of 70 students of 2 experiment class (X1) and (X2), 70 students of 2 control class (Y1) and (Y2). The minimum number of samples to this research was calculated with the formula standard error MacClave. The technique of data collecting was usingan instrument test of cognitive learning outcome which was a multiple choices post-test to experiment class and control class on ecosystem material. Prerequisite test analysis used for normality was the Kolmogorov-Smirnov and homogeneity test was using the F test. Based on calculation, the data obtained was normal distributes and homogeneous. The statistic hypotheses with test-t, the results of rejected H0 received H1 in α = 0.05. That means there was a difference of the biological learning outcome between teaching with learning strategies social media with learning strategies conventional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Mieke Miarsyah, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:42
Last Modified: 07 Apr 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26036

Actions (login required)

View Item View Item