PENGEMBANGAN LEARNING OBJECT PADA PLATFORM CHAMILO UNTUK MATA KULIAH LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

HARI SUGIARTO, . (2016) PENGEMBANGAN LEARNING OBJECT PADA PLATFORM CHAMILO UNTUK MATA KULIAH LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
A Skripsi full Hari Sugiarto.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Learning Object untuk belajar berbasis jaringan pada mata kuliah Landasan Teknologi Pendidikan di http://fip.web-bali.net. Sasaran pengembangan ini adalah mahasiswa semester 2 di Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang mengambil mata kuliah Landasan Teknologi Pendidikan. Penelitan pengembangan ini menggunakan model ILDF (Integrated Learning Design Framework) yang terdiri dari tiga tahapan yakni: Exploration, Enactment dan Evaluation. Capaian pembelajaran yang dikembangkan menjadi learning object yakni: 1.Menggali landasan falsafah Teknlogi Pendidikan dan 2.Mengemukakan rasional berkembangnya Teknologi Pendidikan sebagai disiplin keilmuan. Melalui proses pengembangan dihasilkan 20 produk learning object, yang kemudian diterapkan pada platform Chamilo. Reviu oleh ahli (expert judgment) terhadap learning object yang dikembangkan, dilaksanakan dengan melibatkan seorang ahli media, seorang ahli materi, seorang ahli desain pembelajaran. Setelah dilakukan revisi berdasarkan masukan para ahli tersebut, kemudian produk diuji cobakan terhadap 29 orang mahasiswa Teknologi Pendidikan. Melalui uji coba (pre-test dan post-test) terhadap mahasiswa setelah mereka menggunakan learning object yang dkembangkan, diperoleh kenaikan ratarata nilai hasil belajar mereka sebesar 63%. Dari uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan learning object berpotensi untuk digunakan dalam perkuliahan Landasan Teknologi Pendidikan. Begitu pula pengembangan learning object dengan menerapkan model ILDF telah menggali seluruh potensi yang terdapat pada platform Chamilo, sehingga dapat digunakan sebagai media dan sistem pembelajaran online yang bermutu dan memenuhi syarat untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. This development research aims to produce a product in the form of Learning Objects for network-based learning in educational technology foundation courses in http://fip.web-bali.net. This development is aimed at students of the semester 2 in the Department of curriculum and educational technology that takes courses Educational Technology Foundation. The study development of this using model ILDF (Integrated Learning Design Framework) which consists of three phases: Exploration, Enactment and Evaluation. Learning objectives that have been developed i.e.: 1. Digging the Foundation of philosophy and 2. Rational development of educational technology Posited as a scientific discipline. Through the development process generated 20 products of learning object which is then applied to chamilo platform.. Reviewed by experts (the expert judgement) against learning object developed, implemented by involving a media expert, an expert of the material, an expert in instructional design. After a revision based on the inputs of experts, then the products tested against 29 students from educational technology. Through testing (pre test and post test) against the students after they use learning objects that has been developed, obtained an average increase in the value of their learning results of 63%. Of the trial can be concluded that the results of the development of a learning object, potentially for use in online learning for the foundation of educational technology course. Similarly, the development of learning objects by applying the model ILDF has dug the whole potential embedded in Chamilo, so the platform can be used as media and quality online learning system and are eligible for the student educational technology State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2). Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:49
Last Modified: 07 Apr 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26037

Actions (login required)

View Item View Item