UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOLOID SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT

KHALIED RHOMANTHES GHADARPHY, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOLOID SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KHALIED RHOMANTHES GHADARPHY 3315130928.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar koloid siswa SMK melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 sampai bulan Maret 2017 di SMKN 7 Jakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-TR 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Indikator yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa antara lain minat siswa terhadap pelajaran, perhatian siswa dalam proses pembelajaran, semangat siswa untuk mengerjakan tugas-tugas, respon yang ditunjukan terhadap stimulus yang diberikan guru, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya, serta rasa senang dan puas siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kuesioner motivasi belajar siswa dan lembar observasi bebas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-TR 2 SMK Negeri 7 Jakarta. Pada siklus I, indikator perhatian siswa belum mencapai harapan. Pada siklus II, seluruh indikator telah mengalami peningkatan. Model pembelajaran Team Games Tournament adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini menekankan siswa untuk bekerja sama dalam tim saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Turnamen yang diberikan sebagai upaya mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian pembelajaran. This research aims to increase the student’s colloidal learning motivation through the learning model, Team Games Tournament (TGT). This research was conducted in February until March 2017 at SMKN 7 Jakarta.The subject of this research is the students of class XI-TR 2. The method of this research was Classroom Action Research Method (PTK) that containedof two cycles. The indicators that used to determine student's learning motivation include student's interest on the lesson, student's attention in the learning process, the spirit of the students to do the tasks, the responses shown to the stimulus given by the teacher, the responsibility of the students in doing the learning tasks, happiness and satisfy of students in doing the task given by the teacher. The instruments that used in this research were student learning motivation questionnaire and free observation sheet. The results of this study showed that the learning model Team Games Tournament (TGT) can improve students' motivation of class XI-TR 2 SMK Negeri 7 Jakarta. In cycle I, there was an indicator that has not reached expectation. In cycle II, all indicators have improved. Team Games Tournament is one type of cooperative learning. This learning model emphasizes students to work together in teams as learning activities take place. Tournaments are given as an effort to measure student's ability in learning achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Suhartono, M.Kes 2) Dr. Yusmaniar M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:51
Last Modified: 07 Apr 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item