PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

KHOIRIYAH, . (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Khoiriyah_3215115735.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 89 Jakarta pada bulan Mei 2016. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa yang mempunyai kondisi yang sama. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol (Ekspositori). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain the nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan Teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berbentuk soal pilihan ganda beralasan sebanyak 20 butir soal dengan menggunakan skor 0-4 untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. Pengujian persyaratan dengan uji normalitas menggunakan rumus Chi-kuadrat, karena χ 2 hitung (6,085) ≤ χ2 tabel (11,07) pada kelas eksperimen dan χ2 hitung (10,60) ≤ χ2 tabel (11,07) pada kelas kontrol, kesimpulan yang diperoleh bahwa data terdistribusi normal. Uji homogenitas pada α=5% dan n=36 diperoleh Fhitung (1,65) ≤ Ftabel (1,76) maka data yang diperoleh homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t didapatkan nilai thitung (2,38) dan nilai ttabel (1,66691) pada taraf signifikan α=5% dengan dk =36+36-2=70. Karena thitung > ttabel ,maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada kelas eksperimen dalam penggunaan pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMA pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. This study aims to determine the effect of understanding physics concepts of students by using problem-based learning in high school. This research was conducted at SMAN 89 Jakarta in May 2016. The sample used is 36 students who have the same condition. The sample of this research is X class MIA 4 students as experiment class (Problem Based Learning) and X MIA 2 as control class (Expository). This research method is quasi experiment with the nonequivalent control group design. The sample used in this research is taken by purposive sampling technique. The research instrument is in the form of multiple choice questions based on 20 items using the score 0-4 to find out the students' concept of understanding. Testing the requirements with the normality test using the Chi-square formula, since χ2 count (6,085) ≤ χ2 table (11,07) in the experimental class and χ 2 count (10,60) ≤ χ2 table (11,07) in the control class, the conclusion obtained that the data is normally distributed. Homogeneity test at α = 5% and n = 36 obtained Fcount (1,65) ≤ Ftabel (1,76) then the data obtained homogeneous. Based on hypothesis test by using t-test obtained tcount (2,38) and ttable (1.66691) at significance level α = 5% with dk = 36 + 36-2 = 70. Because tcount> ttable, then H0 rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that there is an influence on the experimental class in the use of problem-based learning to understanding the concept of high school students of SMA X on Elasticity and Hooke’s Law.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Siswoyo, M.Pd 2) Dr. Ir. Vina Serevina, MM
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:56
Last Modified: 07 Apr 2022 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26044

Actions (login required)

View Item View Item