HARTATI, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGURANGAN MELALUI METODE BERCERITA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SDLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB B&C Dian Kahuripan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI HARTATI.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pengurangan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV di SLB B&C Dian Kahuripan, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I diperoleh persentase hasil belajar rata-rata 80% sudah memenuhi target namun 2 peserta didik belum memenuhi target yang ingin dicapai peneliti, maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika pengurangan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV SDLB yang diperoleh dari data hasil analisis pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan perolehan skor pada saat evaluasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik salah satunya adalah penggunaan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran. This class action research aims to improve the results of learning math subtraction on a mild mental retardation learners class IV at SLB B&C Dian Kahuripan, East Jakarta. This research is a classroom action research design with Kemmis and Taggart held as many as two cycles each cycle consists of planning, action, observation and reflection. On cycle I retrieved the percentage results study average 80% already meet the targets but 2 students not yet achieved the target set by researcher, the researchers then continues to cycle II. After a given action on cycle II obtained an average of 95%. The results showed that the method of storytelling can improve the results of learning math subtraction on a mild mental retardation learners class IV SDLB data obtained from the results of the analysis at the time of the execution of the activities of learning and the acquisition of the score at the time of the evaluation. The implications of this research are expected to be a reference for educators to use instructional methods that interesting one of which is the use of the method of storytelling in learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wuryani, M.Pd. 2). Dra. Trisna Mulyeni M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 06:00 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 06:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26047 |
Actions (login required)
View Item |