Pengembangan Buku Pedoman Video Tutorial Pembelajaran Bahasa Indonesia “Teks Hasil Observasi” Produksi Pustekkom

HARUM TRI ANGGRAENI, . (2017) Pengembangan Buku Pedoman Video Tutorial Pembelajaran Bahasa Indonesia “Teks Hasil Observasi” Produksi Pustekkom. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HARUM TRI ANGGRAENI_1215121095_SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU PED.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media cetak berupa Buku Pedoman Video Tutorial Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII materi “Teks Hasil Observasi”. Buku pedoman ini dapat digunakan sebagai pedoman guru dalam memanfaatkan video tutorial pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII materi “Teks Hasil Observasi”. Dalam proses mengembangkan buku pedoman video tutorial pembelajaran pengembang menggunakan model pengembangan Rowntree yang membagi kegiatan pengembangannya ke dalam tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Teknik evaluasi yang digunakan oleh pengembang dalam pengembangan buku pedoman video tutorial ini adalah teknik evaluasi formatif, yang terdiri dari uji coba ahli (expert review), uji coba satu-satu (one to one evaluation), dan uji coba lapangan (field test). Pada tahap evaluasi melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, empat orang guru, dan 36 siswa. Hasil dari masing-masing tahap evaluasi, sebagai berikut: ahli materi 2,90, ahli media 3,36, uji coba satu-satu 3,39, dan tahap uji coba lapangan 3,76. Berdasarkan dari hasil yang didapat Buku Pedoman Video Tutorial Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII “Teks Hasil Observasi” secara keseluruhan dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik dan dapat membantu guru dalam memanfaatkan video tutorial pembelajaran. The development research is aims to produce a print media: Bahasa Indonesia Learning Tutorial Video for 7th Grade about “Teks Hasil Observasi” Guide Book, which could be used as a guideline for the teachers in utilizing Bahasa Indonesia learning tutorial video for 7th grade about “Teks Hasil Observasi.” In the process of developing the learning tutorial video guide book, the writer applied Rowntree’s development model which divides the development into three stages: planning your materials, preparing for writing, and writing and rewriting. To evaluate the development of this tutorial video guide book, the writer used the formative evaluation method which consists of expert review, one to one evaluation, and field test. The people involved in the evaluation stage were an expert of this material, an expert of media, four teachers, and 36 students. Then, the results of the evaluation stage were: 2.90 from the expert of this material, 3.36 from the expert of media, 3.39 from one to one evaluation, and 3.76 from field test. Based on the results, overall, Bahasa Indonesia Learning Tutorial Video for 7th Grade about “Teks Hasil Observasi” Guide Book could be defined as a good quality book which could help the teachers in utilizing learning tutorial video.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:04
Last Modified: 07 Apr 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26050

Actions (login required)

View Item View Item