UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PETA HARTA KARUN MENGGUNAKAN BAHAN DAUR ULANG (Penetian Tindakan Kelas di PAUD Permata Sari, Jakarta Timur)

HAYANTI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PETA HARTA KARUN MENGGUNAKAN BAHAN DAUR ULANG (Penetian Tindakan Kelas di PAUD Permata Sari, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HAYANTI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan berpikir anak melalui media peta harta karun menggunakan bahan daur ulang. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Permata Sari Jakarta Timur dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecakapan berpikir anak dimulai saat pra penelitian adalah 30%, siklus I meningkat menjadi 52,25% dan pada Siklus II, peningkatan kecakapan berpikir anak mencapai 77,42%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media peta harta karun yang terbuat dari bahan daur ulang dapat meningkatkan kecakapan berpikir anak usia 5-6 tahun di PAUD Permata Sari Jakarta Timur. Hasil dan analisis kualitatif membuktikan bahwa media peta harta karun yang terbuat dari bahan daur ulang dapat meningkatkan kecakapan berpikir. Tahapan dari tindakan tersebut yaitu bertanya tentang benda yang dilihat, mampu menyusun rencana kegiatan, mencari benda, menyebutkan fungsi dan manfaat benda, menyebutkan ciri-ciri benda, dan menjawab pertanyaan melalui jawaban yang menarik mampu menyelesaikan kegiatan pembelajaran sesuai dengan “clue” yang diberikan dan menceritakan informasi yang diperoleh dan mengembangkannya dengan bahasanya sendiri. The purpose of this reseach to increas thinking skills of children through the media of s treasure map using recycled material. This research was conducted in PAUD Permata Sari, East Jakarta with the research subject were 12 childrens age 5-6 years. The method used in this research is a classroom action research from Kemmis & Taggart model. Data collection technique used observation and documentation. The results in this research showed an increased thinking skills of children begins at pre-research was 30%, the first cycle increased to 52.25% and in the second cycle, thinking skills of children reached 77.42%. These results indicate that the media of treasure map using recycled material can improve thinking skills of children aged 5-6 years in PAUD Permata Sari East Jakarta. Results and qualitative analysis proves that the media of s treasure map using recycled material can improve thinking skills. Stages of such action is to ask about the objects seen, is able to draw up an action plan, seeking objects, mentions the functions and benefits of objects, mentions the characteristics of objects, and answer questions through an interesting answer able to complete the learning activities in accordance with the "clue" is given and communicating the information obtained and develop it in their own language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. 2). Lara Fridani, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:19
Last Modified: 07 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item