PENGEMBANGAN BUKU FISIKA MULTI REPRESENTASI SERI FLUIDA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM)

KRISTIN S SILABAN, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU FISIKA MULTI REPRESENTASI SERI FLUIDA DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215122004_Kristin S Silaban.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku fisika multi representasi untuk materi Fluida dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM). Materi dalam buku ini disajikan dalam bentuk verbal, matematis, grafik, dan tabel. Buku seri Fluida disajikan dari tingkat pengetahuan yang rendah sampai pengetahuan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Model Pengembangan Instruksional (MPI) oleh Atwi Suparman dengan model pendekatan Educational research and development yang terdiri atas 9 tahapan. Uji kelayakan dilakukan kepada ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh rata-rata persentase hasil ahli materi 90,09%, ahli media 84,59%, ahli pembelajaran 89,59%. Dilakukan uji empirik terhadap guru dengan rata-rata persentase hasil 86,19%. Uji coba lapangan dilakukan kepada 25 orang siswa memperoleh rata-rata persentase hasil komponen materi 89,80%, penyajian 88,50%, bahasa 85,00% dan grafika 88,33% Uji efektifitas menggunakan uji gain memperoleh hasil sebesar 0,60, yang menyatakan terjadi peningkatan pengetahuan dengan interpretasi sedang. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut diperoleh interpretasi sangat baik, maka pengembangan buku fisika multirepresentasi seri Fluida ini dinyatakan layak digunakan untuk menjadi buku referensi. This research is aimed to develop a multi physics textbook representation for fluid materials using the approach of Science Technology and Society (STS). The content of this book represents in verbal, mathematic, graphic, and table forms. Fluids series book is presented from basic knowledge to advanced knowledge. Research method that applied is Instructional Development Model (IDM) by Atwi Suparman with Educational research and development approach model consist of 9 stages. Feasibility test carried out matter experts, media experts, learning experts and graphic expert. Based on the results of feasibility test, obtained an average percentage of material experts of 90.09%, 84.59% of media experts and learning experts 89.59%.Empirical testing conducted against teachers with an average percentage of 86.19%. Product trials is conducted to 25 students earned an average percentage of material component of 89.80%, 88.50% presentation, the language of 85%, 88.3% and graphics. The effectiveness test use gain test dan get score 0,60, which state the knowledge is increased with moderate interpretation. From the validation result and test obtain very good interpretation, so that development of physics books multi-representasi Fluids series was declared fit for use to be a reference book.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri, S.Pd., M.Si 2) Dr.Mutia Delina, MSi,
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:26
Last Modified: 07 Apr 2022 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26061

Actions (login required)

View Item View Item