HENA WIDYA KURNIA, . (2017) MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII.9 (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Hena Widya Kurnia.pdf Download (4MB) |
Abstract
Self Management dalam belajar adalah suatu kemampuan yang berkenaan dengan keadaan diri sendiri dan keterampilan dimana individu dapat mengelola dan mengatur diri untuk mengarahkan pengubahan tingkahlakunya sendiri baik internal maupun eksternal. Fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 1 Dramaga yaitu bahwa siswa tidak mempunyai keinginan untuk membaca, tidak memiliki hasrat pribadi untuk maju, memiliki kebiasaan pelupa, dan suka bermalasmalasan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Pre Experimental Design dan pola eksperimen yang digunakan adalah pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 1 Dramaga dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa dengan kategori paling rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi self management yang digunakan sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan deskriptif persentase. Pada hasil pre-test diperoleh Self Management dalam belajar dengan kategori rendah (61%). Dan setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil post-test Self Management dalam belajar dengan kategori tinggi (69%). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Self Management dalam belajar yang signifikan sebesar 8%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Zhitung= 55 > Ztabel=8 , artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat Self Management dalam belajar siswa meningkat setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu sebaiknya sekolah sebagai sistem menyediakan prosedur yang mudah untuk berkonsutasi pada masalah apapun. Self-management in learning is a capability with respect to the state of oneself and the language in which the self can regulate and organize itself to direct the alteration of its own behavior both internally and externally. The phenomenon that occurs in the students of class VIII.9 SMP Negeri 1 Dramaga is not having the desire to read, do not have the desire to move forward, have forgetful habits, and like to laze. This research is included in Pre Experimental Design and experiment pattern used is pre-test and post-test. The population in this study are all students of class VIII.9 SMP Negeri 1 Dramaga with the number of students. Sampling technique using purposive sampling. The sample consisted of 10 students with the lowest category. Method of data completion using self-management psychology scale used before and. Data analysis using Wilcoxon and descriptive test. In the pre-test results are divided into 3 categories. And after being given selected treatment. Post-test results of Self Management in learning with high category (69%). The results showed an increase. Self-management in learning is significant at 8%. Wilcoxon test results show that Zhitung = 55>Ztable = 8, Ho said rejected and Ha accepted. The results of this study are level. The suggestion that researchers can convey is the re-schooling as a system of provision of procedures that is easy to consume on any matter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Awaluddin Tjalla, M.Psi. 2). Dra. Dewi Justitia, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 06:34 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 06:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26067 |
Actions (login required)
View Item |