PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Penelitian Tindakan Kelas Di PAUD Anggrek Kasih Jakarta Timur)

HERNIH ROSMITAH, . (2017) PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Penelitian Tindakan Kelas Di PAUD Anggrek Kasih Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hernih Rosmitah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak cccusia 5-6 tahun di PAUD Anggrek Kasih melalui permainan tradisional congklak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah anak usia 5- 6 tahun di PAUD Anggrek Kasih sebanyak 8 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui teknik observasi berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis prosentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 70%. Analisis pada siklus terdapat peningkatan kecerdasan logika matematika sebesar 21,88% menjadi 64,58% rata-rata prosentase keseluruhan mengalami peningkatan, namun belum mencapai prosentase yang telah disepakati. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus II. Analisis prosentase keseluruhan mengalami peningkatan kembali sebesar 25,35% menjadi 89,93%berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan melalui permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. This class action research aims to improve the intelligence of mathematical logic children aged 5-6 years in OLD and Orchids Compassion through traditional game congkak. The method used is the class action research conducted as many as two cycles each cycle comprising planning (planning), actions (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The subject of research is children ages 5- 6 years OLD and love of Orchids in as many as 8 people. Data collection using a non IE test techniques through observation techniques in the form of field notes, sheet monitoring actions, notes of interview notes and documentation. An analysis of the percentage of the data used in this study are based on the opinion of the agreement between the researcher and collaborators who stated that the end result of the action of Achievement 70%. Analysis on cycle there is a growing intelligence of mathematical logic of 21.88% to 64.58% average overall percentage increase, but has not yet reached the agreed percentage. Thus the study resumed in cycle II. An analysis of the percentage of overall experience increased return of 25.35% to 89,93% based on percentage of Achievement results of these studies, it can be stated that the accepted hypotheses and research stopped. Then it can be inferred that the activities through traditional game congkak can improve the intelligence of mathematical logic children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:41
Last Modified: 07 Apr 2022 06:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26073

Actions (login required)

View Item View Item