PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENERAPAN DISIPLIN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH ( Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 198 Jakarta )

HAFID MUHAMMAD RAFDI, . (2017) PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENERAPAN DISIPLIN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH ( Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 198 Jakarta ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hafid Muhammad Rafdi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam dan obyektif mengenai pengembangan karakter siswa melalui penerapan disiplin terhadap tata tertib sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan melakukan wawancara dengan informan, key informan, expert opinion, audit and trial dan menggunakan triangulasi data. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data dan display data. Dari hasil penelitian, pengembangan karakter di sekolah sudah berjalan akan tetapi belum sepenuhnya dan menunjukan bahwa Guru memiliki peran dalam pengembangan karakter disiplin siswa di sekolah adalah sebagai contoh atau teladan bagi siswa. Dalam upaya penegakan tata tertib agar siswa taat pada aturan tata tertib, maka yang dilakukan guru yaitu memberikan contoh perilaku yang baik bagi siswanya antara lain melalui: upaya prefentif, upaya represif, dan upaya kuratif. Karakter yang akan muncul dari sikap siswa dalam pengembangan karakter yaitu bersikap lebih baik, bersikap lebih santun yang sebelumnya berkata tidak sopan menjadi berkata lebih sopan sudah terlihat lebih mengerti, lebih mengenal dirinya. The purpose of this research is to get objective and deep information about students’ building character through the application of discipline to the school rules. This research was use descriptive qualitative method. Observation, interview and documentation were used as techniques to gain the data. The validity of the data was corrected with doing interview with informant, key informant, expert opinion, audit and trial and used data triangulation. The data was analyzed through steps of reduction data and display data. From the research, character building at school is already running but not yet fully and the result showed that teacher as a role model for students in character building at school. In the enforcement of discipline so that students obey the rules, teacher has to give example of good behavior for their students through: preventive efforts, repressive efforts, and curative efforts. The characters will appear from the attitude of the students in building character such as be better and be more polite, where previously said not politely to be said more politely already looks more understand, know more about their selves.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Etin Solihatin, M.Pd. 2) Dr. Sarkadi, M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:53
Last Modified: 07 Apr 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26075

Actions (login required)

View Item View Item