UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT

HESTI SULISTIOWATI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial menggunakan pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN 01 Bendungan Hilir. Penelitian ini diadakan di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 32 peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dan dokumentasi atau pengambilan foto saat proses mengajar dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan data kecerdasan interpersonal peserta didik pada siklus I sebesar 68,75 % dan siklus II sebesar 87,50 % dari target keberhasilan 85% peserta didik mendapat skor ≥ 70. Adapun data pemantau tindakan guru yang diperoleh melalui proses belajar menggunakan pembelajaran kontekstual pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 100% sedangkan data pemantau tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 83,33 % dan siklus II sebesar 94%. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal peserta didik dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kontekstual. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai pilihan oleh guru agar kecerdasan interpersonal peserta didik semakin meningkat dan peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang nyata. This classroom action research aims to improve interpersonal intelligence using contextual learning in third grade students of Bendungan Hilir 01 elementry school, central jakarta. The research was conducted at Bendungan Hilir 01 elementry school, Central Jakarta with research subject are students in the third grade amount 32 student. This research method is by using action research spiral model / cycle of Stephen Kemmis and Mc. Taggart with a twostage cycle of planning, action, observation / observation, and reflection. Techniques of data retrieval is done by using observation and documentation or taking photos when the teaching is done. The results showed the data of interpersonal intelligence of students in the first cycle of 68.75% and 87.50% for the second cycle of the target of 85% of the success of learners got a score ≥ 70. The data monitoring teacher's behavior obtained through the learning process using contextual learning in the first cycle of 75% and the second cycle of 100% while the data of the monitoring actions of students in the first cycle of 83.33% and the second cycle by 94%. These results indicate that the interpersonal students can be enhanced with contextual learning. The implications of this study are contextual learning can be used as an option by the teacher in teaching and learning in the classroom in order interpersonal students increased and learners can feel a real learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Julius Sagita, M. Pd. 2). Olga Pandeirot, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:55
Last Modified: 07 Apr 2022 06:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item