HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF- REGULATED LEARNING SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 16 JAKARTA

LARAS RASMITA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF- REGULATED LEARNING SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415126628 - Laras Rasmita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi Belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dari dalam diri siswa yang menimbulkan keinginan belajar, yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan dapat tercapai. Siswa yang termotivasi untuk belajar akan mencurahkan energi dan waktu yang diperlukan untuk menerapkan selfregulated learning yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan self-regulated learning siswa pada pembelajaran Biologi kelas X di SMAN 16 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 16 Jakarta pada bulan November 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan studi korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa yang diambil secara Simple Random Sampling. Uji prasyarat analisis menunjukkan data normal dan homogen. Uji regresi diperoleh model regresi Ŷ = 36,188 + 0,742X signifikan dan menunjukkan hubungan yang linier. Uji korelasi sebesar 0,657 menunjukkan hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi menunjukkan 43,2% motivasi belajar memberikan kontribusi pada self-regulated learning siswa. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan self-regulated learning siswa pada pembelajaran Biologi kelas X di SMAN 16 Jakarta. Learning motivation is the driving force of the whole of the student who created a desire to learn, which ensures continuity of learning activities and provide direction on learning activities so that the goal can be achieved. Students who are motivated to learn will devote to implement appropriate self-regulated learning. This study aimed to determine the relationship between Learning Motivation and self-regulated learning of students in learning Biology class X at SMAN 16 Jakarta. This study was conducted in 16 Senior High School Jakarta on November 2016. Research method used descriptive method through correlational study. Populasi from this study were X MIA students. A total of 85 students used for this study were taken by Simple Random Sampling. Prerequisites test data was homogeneous and normally distributed. Regression model Ŷ = 36.188 + 0.742X obtained significant and had a linier correlation. Correlation values obtained 0.657 which meand that was strong level. Coefficient of determination test showed that 43.2% of learning motivation contribute to the self-regulated learning student. The conclusion of this study there was positive correlation between learning motivation with selfregulated learning of students in learning Biology class X at SMAN 16 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed 2) Dra. Yulilina Retno, M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:59
Last Modified: 07 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item