PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 37 JAKARTA

HAIBAN ADI HARTIANTO, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 37 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HAIBAN ADI HARTRIANTO.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap hasil belajar sejarah. Peneltian ini dilakukan di SMA Negeri 37 Jakarta dari bulan Agustus sampai September 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 37 Jakarta yang berjumlah 760 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya siswa kelas X, terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 210 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Randon Sampling. Sampel yang diambil dua kelas yaitu kelas X IPS-1 dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelas eksperimen dan X IPS-3 dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan rumus korelasi product moment menghasilkan 40 soal dari 50 soal, dan diperoleh nilai realibilitas sebesar 0,975 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan rumus liliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,127) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,135) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (0,095) < 2ta (3,84) maka varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 9,046 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Hasil Belajar Sejarah SMA Negeri 37 Jakarta. This study aims to obtain empirical data on the effect of learning model Scramble on learning outcomes history. This research was conducted in SMAN 37 Jakarta from August to September 2016. The approach used in this study is a quantitative approach with the experimental method. The target population in this study were all students of SMAN 37 Jakarta, amounting to 760 students, whereas the affordability of a class X student population, consisting of six classes totaling 210 students. The sampling technique used Randon Sampling. Samples were taken two classes of class X IPS-1 with the number of students 35 people as an experimental class and IPS X-3 with the number of students 35 as the control class. The results of the test instrument by using Spearman Brown formula produces 40 questions of 50 questions, and the obtained value of 0.975 which means the reliability of the instrument can be used. Test requirements analysis using normality test the experimental class obtained Lh (0,127) <Lt (0.148), the normal distribution of data distribution and the control class obtained Lh (0.135) <Lt (0.148), the normal distribution of data distribution. Homogeneity test using Bartlett test and obtained 2hi (0,067) < 2ta (3.84) then the variance is homogeneous. Hypothesis testing using t test formula produces tcount 9,046> 2.00 ttable at level of 95% (α = 0.05), the H0 and H1 accepted. It can be concluded that there are significant learning method cooperative tipe CIRC use the learning outcomes of students of SMAN 37 Jakarta history

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd s 2) Dr. Djunaidi, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:03
Last Modified: 07 Apr 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26083

Actions (login required)

View Item View Item