PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI ANTARA MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMK DENGAN MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA

AGNES AMELIA, . (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI ANTARA MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMK DENGAN MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AGNES AMELIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang berasal dari SMK dengan mahasiswa yang berasal dari SMA. Penelitian ini dilakukan Di Universitas Negeri Jakarta yang beralamat di Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220 dan waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan April sampai Juni 2010. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 1440 orang. Dengan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa program S1 pendidikan ekonomi angkatan 2009 sejumlah 203 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh jumlah sampel mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMK sebanyak 17 orang dan jumlah sampel mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA sebanyak 110 orang. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa perbedaan dengan menggunakan uji homogenitas, chi kuadrat dan uji-t. Uji Homogenitas mendapatkan hasil pengujian taraf signifikan 95% (α=0,05) diperoleh Fhitung = 1,73. Sedangkan Ftabel = 2,07. Dengan demikian Fhitung < Ftabel (1,73 < 2,07). Ini menunjukan bahwa Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok Homogen. Pengujian hipotesis menggunakan chi kuadrat dengan nilai x2 yang diperoleh dari perhitungan sebesar 4,1261 sementara x2 tabel adalah 3,841, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dengan mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMA. Hasil perhitungan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 16,96, sementara ttabel =1,96. Dengan demikan thitung > ttabel (16,96 > 1,96), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dengan mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMA. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, dalam penelitian ini hanya diteliti hasil belajar yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan sampel yang diambil adalah dari mahasiswa S1 angkatan 2009 saja, sehingga tidak cukup mewakili populasi. Untuk itu peneliti memberi saran agar dalam penelitian selanjutnya diteliti juga faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan perbedaan hasil belajar dan lebih memperluas sampel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:14
Last Modified: 08 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26092

Actions (login required)

View Item View Item