LILIS NURUL HUSNA, . (2017) PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING MELALUI SUMBER BELAJAR EKOSISTEM MANGROVE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SIKAP KONSERVASI SISWA DI PULAU PRAMUKA KEPULAUAN SERIBU. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
LILIS NURUL HUSNA - 3436149249.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan outdoor learning melalui sumber belajar ekosistem mangrove dan motivasi belajar terhadap sikap konservasi siswa di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sikap konservasi dan motivasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan IPA 2 SMAN 69 Jakarta yang berjumlah 48 siswa, dibagi menjadi dua kelas dengan sumber belajar yang berbeda, 24 siswa dengan pendekatan outdoor learning dan 18 siswa dengan metode STAD. Sampel diambil dengan menggunakan sample random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Terdapat pengaruh pendekatan outdoor learning melalui sumber belajar ekosistem mangrove terhadap sikapm konservasi, karena Fhitung>Ftabel yang berarti bahwa menunjukkan adanya pengaruh pendekatan outdoor learning terhadap sikap konservasi siswa. 2). Hasil skor uji beda rata-rata untuk kelompok siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan motivasi rendah adalah Qhitung<Qtabel untuk kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap sikap konservasi. 3). Nilai Fhitung >Ftabel yang berarti bahwa interaksi antara sumber belajar dan motivasi belajar terhadap sikap konservasi siswa. This reserch aims to know the influence of the outdoor learning approach through the mangrove ecosystem of learning resources and learning motivation of students ' attitudes towards conservation in the Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. Research methods used in this study is the method 2 x 2 factorial design experiments. The instruments used are questionnaire conservation attitude and motivation to learn. The subject is a student of class X IPA 1 and IPA 2 SMAN 69 Jakarta totalling 48 student, divided into two classes with different learning resources, 24 students with outdoor learning approach and 18 students in methods of STAD. Samples were taken using sample random sampling. The results showed that 1). The is the influence of the outdoor learning approach through the mangrove ecosystems learning resource conservation, because attitudes towards Fhitung>Ftabel which means that indicate the influence of the outdoor learning approach towards conservation attitudes of studens. 2). Results of the test score different from the average for the group of student who have high motivation and mtivation is low Qhitung<Qtabel to group of students with low learning motivation, this indicates that there is a influences of learning motivation towards conservation attitide. 3) value Fhitung>Ftbel which mean that the interaction between learning resourcesand learning motivation towards conservation attitudes of students.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Ratna Komala, M.Si 2) Dr. Rusdi, M.Biomed |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:19 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 07:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26124 |
Actions (login required)
View Item |