LINDRIE PIRANTI, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU REFERENSI BERBASIS MULTI REPRESENTASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KALOR DAN TERMODINAMIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3215122014_LINDRIE PIRANTI_FULL TEXT.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku referensi berbasis multi representasi dengan pendekatan kontekstual yang membahas tentang konsep-konsep kalor dan termodinamika. Pengembangan ini didasarkan pada tujuan pembelajaran fisika yang menghendaki siswa mampu menguasai serta mengelola berbagai macam representasi. Materi dalam buku ini disajikan dalam bentuk tabel, grafik, formula, deskripsi verbal, gambar dan diagram. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan Model Pengembangan Instruksional yang dikembangkan dari model Dick & Carey. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui empat tahap, yaitu: 1) Studi pustaka untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran fisika, 2) Uji keterbacaan kepada siswa SMA, 3) Validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran 4) Uji coba terbatas kepada siswa SMA. Dari hasil uji keterbacaan diperoleh hasil 80%, hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 87.6%, ahli media sebesar 80,01%, ahli pembelajaran sebesar 83.1%, dan hasil uji coba terhadap siswa sebesar 89.4%. Maka buku referensi yang dikembangkan memperoleh interpretasi keseluruhan sangat baik dan dinyatakan layak sebagai sumber belajar. This research aims to produce a multi representation based reference book with contextual approach that discuss the concepts of heat and thermodynamics. The development is based on physics learning goals which requires the students to be able to master and manage a wide variety of representations. The explanations in this book are represented in tables, formulas, verbal descriptions, pictures and chart. The research method used is research and development with Model Pengembangan Instruksional which is developed from Dick and Carey model. The research data is taken in four steps: 1) A literature study to determine the physics learning needs, 2) A legibility test on high school students, 3) Validation by subject, media, and learning experts, 4) Trial test on high school students. The result obtained by the legibility test is 80%, validation result by subject, media, and learning experts are 87.6%, 80.01%, and 83.1%, and the result obtained in trial test is 89.4%. So, heat and thermodynamics reference book that we have developed has an excellent interpretation and good to be used as a learning source.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si 2) Dewi Muliyati, S.Pd, M.Si, M.Sc |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 07:24 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 07:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26125 |
Actions (login required)
View Item |