KUALITAS MENGAJAR GURU YANG MENERAPKAN MPPST DAN EFEKNYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA

LUCYA CAROLLINA DESTRI NUDYAWATI, . (2017) KUALITAS MENGAJAR GURU YANG MENERAPKAN MPPST DAN EFEKNYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. TESIS LENGKAP BAB I - DAFTAR PUSTAKA 3436139309.pdf

Download (901kB)
[img] Text
1. cover tesis, 3436139309.pdf

Download (60kB)
[img] Text
2. Persetujuan, Abstract, Ringkasan, lembar Pernyataan dan daftar isi 3436139309.pdf

Download (770kB)
[img] Text
4. LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP 3436139309.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas mengajar guru merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran di kelas. Kualitas mengajar guru dapat tercermin dalam praktik mengajar dan perilaku mengajar di kelas. Kualitas mengajar yang baik, terlihat pada proses pembelajaran, dimana terjadi interaksi yang aktif antara guru dan siswa, siswa dengan siswa lain. Dengan demikian menunjukkan kualitas guru dalam mengajar. Kualitas mengajar guru dicirikan oleh enam domain perilaku mengajar yaitu (Maulana et al, 2015). Dalam usaha untuk meningkatkan kualitas mengajar guru, dikembangkan model pembelajaran berbasis proyek penelitian sains terintegrasi (MPPST). Model ini ternyata merupakan salah satu model yang diharapkan pada Kurikulum 2013. Bukti empiris penerapan MPPST adalah keberhasilan siswa menjadi juara pada berbagai kompetisi penelitian Sains, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kualitas mengajar guru yang menerapkan MPPST terhadap keterlibatan siswa dalam belajar. Sampel penelitian berjumlah 940 siswa, diambil secara purposive sampling, dengan teknik survei tentang persepsi siswa di kelas MPPST dan non MPPST terhadap kualitas mengajar guru dengan menggunakan instrumen My Teacher Questionnaire, pada bulan Januari 2015 – Mei 2015. Hasil uji Manova menunjukkan bahwa kualitas mengajar guru yang menerapkan model MPPST berada pada kategori cukup sampai baik (2.77±0.55 s.d. 3.16±0.43), sedangkan keterlibatan siswa pada kategori baik (3.06±0.49). Semua domain perilaku mengajar terkait dengan keterlibatan siswa, namun domain yang paling tinggi perannya dalam mendorong keterlibatan sikap dan emosi siswa adalah efficient classroom management (0.142±0,072) dan safe and stimulating learning climate (0.162±0.07). Artinya efektivitas mengajar guru dengan model MPPST lebih menonjol pada kedua domain tersebut dalam memotivasi keterlibatan siswa dalam belajarnya. Teaching quality is an important factor in the learning process in the classroom. The quality of teaching can be reflected in teaching practice and classroom teaching behavior. Good teaching quality, seen in the learning process, where there is an active interaction between teachers and students, students with other students. Thereby showing the quality of teaching. The quality of teaching is characterized by six domains of teaching behavior (Maulana et al, 2015). In an effort to improve the quality of teaching, an integrated science-based research project (MPPST) study model is developed. This model turns out to be one of the models expected in the Curriculum 2013. Empirical evidence of MPPST application is the success of students to be champions in various science research competitions, both at national and international level. This study aims to determine the effectiveness of the quality of teaching who apply MPPST to the student engagement in learning. The sample of the study was 940 students, taken by purposive sampling, with the survey technique about the students' perception in the class of MPPSTand non MPPST on the quality of teaching by using My Teacher Questionnaire instrument, in January 2015 - May 2015. Manova test result showed that the teaching quality applying MPPST model is in the category sufficient to good (2.77 ± 0.55 sd 3.16 ± 0.43), while student engagement in the good category (3.06 ± 0.49). All teaching behavior domains are related to student engagement, but the domain with the highest role in encouraging attitude engagement is the efficient classroom management domain (0.142 ± 0.072) and which encourages students' emotional engagement is the safe and stimulating learning climate (0.162 ± 0.07).This means that the quality of teaching with MPPST model is more prominent in both domains in motivating student engagement in learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Yulia Irnidayanti, M.Si 2) Dr. Ridwan Maulana
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:45
Last Modified: 08 Apr 2022 07:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26128

Actions (login required)

View Item View Item