PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TENTANG PEMAHAMAN LEMBAGA SOSIAL MASYARAKAT PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Eksperimen di kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tangerang)

ROBBY AGUNG WAHYUDI, . (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TENTANG PEMAHAMAN LEMBAGA SOSIAL MASYARAKAT PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Eksperimen di kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ROBBY AGUNG WAHYUDI_4915110371.pdf

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh pembelajaran elearning terhadap hasil belajar tentang pemahaman lembaga sosial masyarakat pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri Kota Tangerang Jumlah siswa yang diteliti pada kelas eksperimen adalah 35 orang dan pada kelas kontrol adalah 35 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 17 Kota tangerang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol yg menggunkan pembalajaran konvesional adalah 71.42 dan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan e-learning adalah 84.09 Dengan melihat kemampuan siswa yang berbeda- beda agar dapat mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menerima pembelajaran konvesional. Untuk itu dilakukan analisis statistik melalui analisis konvarian (Anova ). Sehingga dismpulkan bahwa penggunaan e-learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas eksperimen : siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar tentang pemahaman Lembaga Sosial Masyrakat pada mata pelajaran IPS dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar tentang pemahaman Lembaga Sosial Masayrakat pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri. M.Si, ; 2). Sujarwo M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jan 2020 15:34
Last Modified: 07 Jan 2020 15:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item