HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 99 JAKARTA

LULUK NUR FARIDA, . (2015) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 99 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
luluk nur farida.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh interaksi antara orang tua dengan anak, dalam hal ini pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang umum diterapkan oleh orang tua siswa dan hubungannya dengan hasil belajar Biologi siswa Kelas X MIA SMAN 99 Jakarta. Penelitian ini berdasarkan teori dari Macoby & Martin yang menyatakan pola asuh terdiri dari dua dimensi, yaitu dukungan dan tuntutan. Tipe pola asuh terdiri dari poal asuh authoritative, authoritarian, permissive-indulgent, permissive-indeferent. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling pada siswa kelas X MIA SMAN 99 Jakarta sebanyak 125 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan pengujian hipotesis statistik regresi korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan pola asuh yang umum diterapkan oleh orang tua siswa kelas X MIA SMAN 99 Jakarta adalah pola asuh authoritative. Pola asuh orang tua authoritative memiliki hubungan sangat kuat dan memberi kontribusi terhadap hasil belajar biologi sebesar 79,2% Learning outcome was influenced by interaction between child and parent, in this case parenting style. The aim of this research is to know the most parenting style and its correlation on Biology learning outcome in SMAN 99 Jakarta students. This research was based on parenting style theory from Macoby dan Martin’s. Macoby dan Martin’s assumed that parenting is a form of demandingness and supportiveness. There is four parenting style, authoritarian, authoritative, permissive-indulgent and permissiveindefferent. Research methodology was descriptive method with correlational study. Sample was selected by simple random sampling technique comprised 125 students of clas X MIA SMAN 99 Jakarta. Data was taken by questionnaire. Data obtained in this research is processed with regression and correlation. Authoritative relationship with learning outcome in SMAN 99 Jakarta students has a positive and contribute for 79,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yulia Irnidayanti M,Si 2) Ernawati M,Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Apr 2022 08:03
Last Modified: 08 Apr 2022 08:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26131

Actions (login required)

View Item View Item