PELAKSANAAN PENDEKATAN KOMUNIKASI TOTAL (KOMTAL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas VI B SDLB-B Santi Rama Jakarta Selatan)

HILWA SOBIA, . (2017) PELAKSANAAN PENDEKATAN KOMUNIKASI TOTAL (KOMTAL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas VI B SDLB-B Santi Rama Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hilwa Sobia (1335133663).pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi secara mendalam mengenai pelaksanaan pendekatan komunikasi total (komtal) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDLB Santi Rama Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumen terkait dengan pendekatan komtal dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kemudian dianalisis berdasarkan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak membuat perencanaan secara tertulis mengenai pendekatan komtal, melainkan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara umum dengan mengacu pada KTSP 2006 yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu Metode Maternal Reflektif yang dikomunikasikan menggunakan pendekatan komtal. Komponen komtal yang digunakan adalah SIBI, bahasa lisan, membaca ujaran, abjad jari, menulis, membaca, dan demontrasi langsung. Materi yang disampaikan, sumber belajar, serta media yang digunakan merupakan pengalaman yang dialami langsung oleh peserta didik. Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil yang menggunakan pendekatan komtal. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan komtal dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam menyampaikan dan memahami materi pembelajaran yang abstrak yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan peserta didik tunarungu. This research is meant to describe and gaining more detail information about the practice/implementation of total communication approach on Islamic Education in SDLB Santi Rama South Jakarta. This research is done using descriptive qualitative method approach. The data collection methods are using observation, interview, and study of relevant documents of total communication in Islamic Education, which will be analyze base from the existing theory. The result of this research are show that teacher did not make a scheduled/written planning of total communication approach, but instead using the general Islamic Education lesson plan, based on 2006 KTSP that has been adjusted by the student condition. The learning methods used are Maternal Reflective Methods that communicated using total communication approach. Total communication approach component used are sign language, verbal language, reading speech, finger alphabet, writing, reading, and direct practice. Material submitted, learning source, and media used are direct experience of student. Evaluation done are process evaluation and result evaluation using total communication approach. The implication of this research are showing that total communication approach can help teacher and student alike, to deliver and understanding the abstract material of study which can be applicate in hearing impairment student daily live.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. 2). Indra Jaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:19
Last Modified: 09 Apr 2022 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26141

Actions (login required)

View Item View Item