PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TALENTA JAKARTA (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kesulitan Belajar Tingkat SMP di Sekolah Talenta Jakarta)

ICHSAN RAMADHAN, . (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TALENTA JAKARTA (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kesulitan Belajar Tingkat SMP di Sekolah Talenta Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK, LEMBAR PERNYATAAN, DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
COVER&LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] Text
lampiran, Riwayat hidup.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika untuk peserta didik kesulitan belajar di SMP Talenta Jakarta dilakukan. Penelitian dilaksanakan di SMP Talenta Jakarta khususnya di rombongan kelas kreasi, yaitu kelas yang terdiri dari tingkat 7,8,9 SMP. Metode yang digunakan adalah metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dari bulan November 2016-Juni 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dan sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas kreasi, guru matematika dan kepala sekolah. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, trianggulasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum KTSP digunakan oleh Sekolah Talenta Jakarta dalam perencanaan pembelajaran, dimana kurikulum tersebut dimodifikasi berdasarkan kemampuan dan kebutuhan peserta didik.Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode drill sebagai metode utama dalam pembelajaran dan pendekatan individual sebagai pendekatan utama. Tidak ada penggunaan media pembelajaran. Jenis evaluasi yang digunakan adalah evaluasi proses dan hasil dengan bentuk tes tertulis dan lisan. Jumlah peserta didik, interaksi guru dengan peserta didik, perilaku peserta didik, kerja sama guru dengan orangtua, sumber belajar dan bahan ajar, dan evaluasi merupakan faktor pendukung pembelajaran. The purpose of this research was to find out how math instruction for students with learning disabilities in Talenta Junior High School of Jakarta is done. The research was carried out in Talenta Junior High School of Jakarta in particular groups of kreasi class, i.e. the class which is composed of level 7, 8, 9 junior high school. The method used is the method dekriptif with qualitative approaches. Research conducted from November to June 2016-2017. Data collection is done with the techniques of observation, interview, and study the documentation. Informants and sources of data in this study are students in the class creations, mathematics teacher and principal. Data that has been collected and then analyzed the data reduction with triangular data,presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. The results showed that the curriculum KTSP used by the Talenta School of Jakarta in the planning of learning, where the curriculum is modified based on the abilities and needs of the learners. Learning methods used drill method is teacher as the main method of learning and individual approach as the primary approaches. There is no use of the medium of instruction. This type of evaluation is the evaluation of the process and the results of the written and oral tests. The number of learners, teachers ' interactions with learners, the behaviour of learners, teachers working with parents, learning resources and learning materials, and evaluation of a factor supporting learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tri Sediyani, M.Pd. 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 04:02
Last Modified: 09 Apr 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26149

Actions (login required)

View Item View Item