UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat)

INDAH OCTAVIANI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FOR PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah pembelajaran kontekstual pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 01 Bendungan Hilir dapat di terapkan dan dapat meningkatkan kecerdasan linguistik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 01 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat sebanyak 31 orang yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan Peneitian Tindakan Kelas ialah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kecerdasan linguistik pada peserta didik. Pada siklus I sebanyak 15 peserta didik mendapat nilai lebih dari ≥75 dengan ketuntasan belajar 48,38%. Pada siklus II sejumlah 27 peserta didik memperoleh nilai ≥75 dengan ketuntasan belajar 87,09%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 78,94% sementara aktivitas peserta didik mencapai 76,47%. Pada siklus II telah terjadi peningkatan yang baik dari aktivitas guru sebesar 94,74% dan aktivitas peserta didik sebesar 88,23%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa kecerdasan linguistik pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat melalui pembelajaran kontekstual. The purpose of classroom action research (PTK) is to examine whether contextual learning in third grade students of SDN 01, Bendungan Hilir can be implemented and can increase the linguistic intelligence. Until this research is the third grade students of SDN 01, Bendungan Hilir, Central Jakarta as many as 31 people consisting of 18 male students and 13 female learners. Data collection techniques in this study of tests, observations, field notes, interview and documentation. Technique data analysis is descriptive qualitative and quantitative. Action model used is Stephen Kemmis and McTaggart. The stages of a Class Action peneitian is planning, action, observation, and reflection. The results showed that contextual learning can enhance the linguistic intelligence on the learner. In the first cycle of 15 students scored more than ≥75 with mastery learning 48.38%. In the second cycle of up to 27 learners gain mastery learning value ≥75 with 87.09%. Activities teacher in the first cycle reached 78.94% while the activity of learners reached 76.47%. In the second cycle there has been a good improvement of the teacher's activities amounted to 94.74% and the activity of learners by 88.23%. Therefore it can be concluded that linguistic intelligence can be improved through contextual learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Julius Sagita, M. Pd. 2). Drs.Otib Satibi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 05:48
Last Modified: 09 Apr 2022 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item