PENGARUH PERMAINAN TRAMPOLIN TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU HIPOAKTIF PADA SISWA TUNAGANDA (Penelitian Single Subject Research di Kelas Pelayanan Dini, SLB-G RAWINALA, Jakarta Timur)

INDAH PARWITASARI, . (2017) PENGARUH PERMAINAN TRAMPOLIN TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU HIPOAKTIF PADA SISWA TUNAGANDA (Penelitian Single Subject Research di Kelas Pelayanan Dini, SLB-G RAWINALA, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Indah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan trampolin terhadap pengurangan perilaku hipoaktif siswa tunaganda di kelas pelayanan dini, SLB G Rawinala. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan sistem pencatatan kejadian atau frekuensi, yaitu dengan cara memberi tanda pada keenam perilaku hipoaktif yang terjadi di periode waktu observasi yang telah ditentukan. Adapun penelitian dilakukan menggunakan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif sehingga terjadi pengurangan terhadap perilaku hipoaktif pada siswa dengan pengumpulan data yang diperoleh pada saat intervensi dan baseline A2. Hasil ini adalah suatu upaya untuk meningkatkan perilaku aktif siswa tuna ganda di SLB-G Rawinala Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian adalah dapat diketahui bahwa pelaksanaan permainan trampolin membawa pengaruh terhadap pengurangan perilaku hipoaktif pada siswa tunaganda kelas pelayanan dini. Hal ini menunjukkan bahwa permainan trampolin dapat digunakan dalam meningkatkan perilaku aktif siswa tunganda. This research aims to find out whether there is influence the game trampoline against reduction behavior of hypoactive students with multiple disabilities in the class of early intervention, SLB G Rawinala. Data retrieval is performed using a recording system events or frequency, i.e. by giving the sixth sign on hypoactive behavior happens in the observation time period specified. As for the research conducted using the design of the A-B-A. The results showed the existence of a positive influence so the reduction against the behavior of hypoactive at students with the collection of data obtained at the time of the intervention and baseline. The result of this is an effort to improve the behavior of active students with multiple disabilities in SLB-G Rawinala, Jakarta Timur. The implications of the results of the research was able to note that the implementation of the game trampoline carries influence on reduction of hypoactive behavior on student with multiple disabilities in the class of early intervention. This indicates that the game trampoline can be used in improving the behavior of active students with multiple disabilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd. 2). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 06:02
Last Modified: 09 Apr 2022 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26166

Actions (login required)

View Item View Item