PENGEMBANGAN MODUL “KONSEP MEDIA DAN SUMBER BELAJAR” BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

INDIRA MAHARDHIKA PUTRI, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL “KONSEP MEDIA DAN SUMBER BELAJAR” BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Image
SURAT KETERANGAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB 5 - KESIMPULAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 3 - STRATEGI DAN PROSEDUR PENGEMBANGAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 1 - LATAR BELAKANG.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 2 - KAJIAN TEORI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 4 - HASIL PENGEMBANGAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran dalam bentuk modul cetak. Nama produk dari pengembangan ini adalah modul “Konsep Media dan Sumber Belajar”. Modul ini ditujukan untuk mahasiswa semester tiga pada mata kuliah Pemanfaatan Sumber Belajar. Modul “Konsep Media dan Sumber Belajar” digunakan untuk meningkatkan pemahaman materi mengenai konsep media dan sumber belajar untuk mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan semester tiga. Secara khusus tujuan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan utama, untuk mengembangkan modul “Konsep Media dan Sumber Belajar”. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif, yang terdiri dari expert review (ahli materi dan ahli media), one to one, small group, dan field test. Hasil dari masing-masing tahap, sebagai berikut: ahli materi 3,55 dan ahli media 3,63. Pada tahap one to one 3,46 dan small group mendapatkan nilai 3,53. Pada tahap field test hasil tes hasil belajar mahasiswa rata-rata mendapat nilai di atas 80, hal tersebut menunjukan bahwa tingkat penguasaan mahasiswa sudah Baik. Berdasarkan prosedur pengembangan modul cetak dan tahap ujicoba telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa modul Konsep Media dan Sumber Belajar dapat menjadi sumber belajar mandiri pada Mata Kuliah Pemanfaatan Sumber Belajar. This development-type research aims to create a module for learning in a printed form. The name of the product itself is “Media as a Concept and Learning Source” module. This module is specially developed for 3rd semester students who took “Learning Sources Utilization” course. This “Media as a Concept and Learning Source” module will be used to improve 3rd semester students understanding of media as a concept and learning source. The development specially aims to describe the Rowntree steps of development which consists of three main steps to develop “Media as a Concept and Learning Source” module. Tis research uses formative evaluation process which consists; expert review (material expert and media expert), one to one, small group and field test. The results of each test are as follows: material expert 3,55 points and media expert 3,63 points. On the one to one step earned 3,46 points and small group step earned 3,53 points. On the field test step, the average students study results earned 80 and above points. It means that the students understanding ability are already good. According to the printed module development procedure and the test results, we can now conclude that “Media as a Concept and Learning Source” module can be used as an independent learning resource in the “Learning Sources Utilization” course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Apr 2022 06:08
Last Modified: 09 Apr 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26167

Actions (login required)

View Item View Item